Xiaomi Garap Ponsel Tanpa Tombol, Layarnya Penuh Bebas Punch-hole

pada 4 hari lalu - by

Uzone.id -KetikaiPhone 16 Seriesrumornya punya tambahan tombol Capture Button untuk mengambil gambar, Xiaomi justru bersiap meluncurkansmartphonetanpa tombol pertamanya. Rumornya ponsel ini masuk ke kelasflagship, pengembangannya sudah dimulai dimana ponsel tersebut diberi kode ‘Zhuque’.

Rumor ini diungkap oleh pembocor di X (dulunya Twitter) dengan akun @chunvn8888. Menurutnya,smartphoneini dirancang tanpa tombol fisik sama sekali. Konsepnya mungkin agak mirip seperti Meizu Zero, ponsel konsep yang dipamerkan pada 2019 silam. 

Sekadar informasi, Meizu Zero secara teknis bukan cuma ponsel tanpa tombol, tapi juga tanpaport. Ponsel ini tak memiliki lubang speaker atau port USB-C. 

 

 

Meizu menggantinya dengan tombol sentuh kapasitif untuk Power dan Volume, speaker yang digantikan oleh layar yang bergetar untuk menghasilkan suara, sertawireless charging18W untuk pengisian daya baterai. 

Kembali lagi keXiaomi Zhuque, pengembangan ponsel ini masih dalam tahap awal. Jadi, belum diketahui bagaimana cara pengguna untuk mengatur volume, melakukan Power On/Off, mengakses asisten AI, atau melakukanrebootperangkat. 

Sejauh ini ada dua kemungkinan. Pertama, kontrol gerakan dengan tepian layar yang peka terhadap tekanan. Mirip seperti yang dilakukan Huawei pada Mate 30 Pro. Kedua, perintah suara, namun fitur ini harusnya hanya aktif saat ponsel menyala saja.

 

 

Dikutip dariSmartprix, bukan cuma tanpa tombol. Xiaomi Zhuque juga mengusung layar yang benar-benar penuh tanpa adanyapunch-holeataunotchsama sekali. Xiaomi menyematkanunder display camerayang konon bakal lebih baik dari Samsung.

Disebutkan juga, Xiaomi Zhuque ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 4 dengan kode SM8775, chipset berbasis Oryon CPU yang sama seperti Snapdragon 8 Gen 4. 

Belum ada bocoran lain soal spesifikasi dari ponselbutton-lessini. Menurut sang pembocor, kemungkinan produk jadi dari Xiaomi Zhuque ini akan rilis pada paruh pertama tahun depan, sekitar April sampai Juni 2025 mendatang.