XL Axiata Ikut Meriahkan HUT RI ke-79, Siapkan Jaringan 4G di IKN

pada 12 hari lalu - by

Uzone.id— Menjelang HUT RI ke-79 yang akan digelar pertama kali di IKN (Ibu Kota Nusantara), operator seluler turut memberikan kontribusinya dengan menyediakan jaringan internet 4G dan 5G di sekitar IKN dan kota penyangganya.

Setelah Telkomsel dan Indosat, XL Axiata turut menyediakan jaringan internet mereka di IKN dengan menghadirkan 9 sites jaringan 4G yang  terdiri dari 7 Mobile BTS dan 2 fixed BTS.

 

 

“Kita sudah siapkan total 7 mobile BTS dan 2 yang fixed. Kami sedang menunggu tes, termasuk speed test. Kami tinggal menunggu di hari H pelaksanaan, mudah-mudahan tidak ada halangan,” kata Marwan O Baasir dalam acara yang digelar di gedung XL Axiata, Rabu, (07/08).

Dukungan jaringan  internet ini dikhususkan untuk perayaan HUT RI ke-79 di IKN dan belum diketahui apakah nantinya akan tersedia untuk selamanya atau tidak.

“Kita tunggu sampai Agustus akhir nanti, ini jugafixed sitemenunggu beberapa dari Telkom yang sedang disiapkan, dua fixed site dan 7 mobile BTS. Kami juga meminta izin pada otoritas IKN sendiri,” tambah Marwan. 

 

 

Sebagai informasi, XL Axiata mengaku terus meningkatkan kualitas jaringan di area IKN seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan, yang dalam setahun terakhir mencapai lebih dari 300 persen.

“Pada periode setahun terakhir, aktivitas pembangunan di kawasan IKN semakin hari semakin masif. Hal tersebut tentu ikut meningkatkan trafik XL Axiata, hingga mencapai lebih dari 300 persen," ungkap Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam pernyataan terpisah.

Ia menyambung, "untuk itu, selain berfokus meningkatkan kualitas jaringan di dalam area IKN, kami juga meningkatkan kualitas jaringan pada titik-titik pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung IKN seperti jalan tol, bandara, rumah sakit, hotel, dan fasilitas pendukung lainnya bekerja sama dengan pihak Otorita IKN."

3 unit Mobile BTS milik XL Axiata nantinya akan ditempatkan di sekitar lokasi berlangsungnya upacara, berkoordinasi dengan pihak Otorita IKN.

Sebelumnya, di area proyek pembangunan IKN, XL Axiata telah menempatkan 4 unit MBTS. XL Axiata juga telah menyiapkan 3 BTS, serta menambah lagi 2 BTS Makro termasuk jaringan in door yang telah terpasang di Swissotel Nusantara.

Secara keseluruhan, kini XL Axiata telah menyediakan total 12 BTS di area ring 1 IKN.