Yamaha Aerox Alpha Akhirnya Pakai "Turbo", Gimana Spesifikasinya?

pada 5 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.idYamaha Aerox Alpha akhirnya diluncurkan setelah banyaknya teaser yang menggoda produk baru dari merek berlogo garpu tala ini. Aerox generasi terbaru ini banyak mendapatkan perubahan, salah satunya adalah fitur "Turbo" yang lebih dahulu hadir pada Nmax.

Perubahan terasa dimulai dari segi desain, sekarangYamahaAerox Alpha dirancang dengan DNA motor sport R1M. DNA ini terlihat dari desain lampu depan yang semakin agresif yang kini menggunakan dual projector head lamp. Sementara di belakang menggunakan lampu rem yang berbentuk memanjang vertikal dibandingkan generasi sebelumnya yang horizontal.

Soal mesinnya, YamahaAeroxAlpha mengadopsi dapur pacu dari Nmax Turbo. Artinya mesinnya berkonfigurasi 155 cc, 1-silinder, SOHC, 4-katup, 4-tak, Blue Core dengan VVA yang mampu menghasilkan tenaga 15,1 dk di 8.000 rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm di 6.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang menggunakan Yamaha Electric CVT (YECVT) untuk varian Turbo. Sementara untuk varian Yamaha Aerox Alpha standard masih mengugnakan CVT konvensional.

Yamaha Aerox Alpha (Dok: Yamaha)

YECVT juga mampu membuat Yamaha Aerox Alpha Turbo memiliki dua mode berkendara yakni T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).

YECVT juga membuat Yamaha Aerox Alpha Turbo memiliki fitur Y-Shift yang mempu memberikan sensasi berkendara serasa turbo. Mengaktifkan Y-Shift bisa meningkatkan akselerasi secara instan dengan 3 tingkatan yakni Low, Medium, dan High.

Yamaha mengklaim, Y-Shift cocok digunakan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun berkendara sambil berbonengan. Menariknya Y-Shift juga bisa digunakan untuk deselerasi ketika menghadapi jalan menurun dan saat masuk ke tikungan.

Pembaruan pada Yamaha Aerox Alpha juga dirasakan di sektor pengereman. Sekarang Aerox sudah menggunakan disc brake untuk pengereman roda belakangnya.

Sementara dari segi kaki-kaki masih sama, menggunakan suspensi teleskopik yang dipadukan dengan roda 14 inci berbalut ban 110/80 di depan. Di belakang mengandalkan dual shock absorber dipadukan dengan ban berukuran 140/70 ring 14 inci. Sayangnya bagian pelek masih sama seperti generasi sebelumnya yang menggunakan palang berbentuk 'Y'.

Berikut spesifikasi Yamaha Aerox Alpha:

Tipe Mesin Turbo155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT
Tipe Mesin STD155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC
Jumlah/Posisi SilinderSingle Cylinder
Volume Silinder155.09 cc
Diameter x Langkah58 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi11.6 : 1
Daya Maksimum11.3 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum14.2 Nm / 6500 rpm
Sistem StarterElectric Starter
Sistem PelumasanWet Sump
Kapasitas Oli Mesin1 L (Turbo), 0.9 L (STD & Cybercity)
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingSingle Dry Clucth
Tipe TransmisiAutomatic
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTeleskopic
Suspensi BelakangUnit Swing
Ban Depan110/70 - 14
Ban Belakang140/70 - 14
Rem DepanHydraulic Single Disc Brake
Rem BelakangHydraulic Single Disc Brake
P x L x T1.980 mm x 710 mm x 1.170 mm
Jarak Sumbu Roda1350 mm
Jarak Terendah Ke Tanah145 mm
Tinggi Tempat Duduk790 mm
Berat Isi130 Kg (Turbo & Turbo Ultimate), 127 Kg (Cybercity), 125 Kg (Standard)
Kapasitas Tangki Bensin5,5 L
Sistem pengapianTCI
BateraiYTZ6V/YTZ7V
Tipe BusiNGK/CPR8EA-9