YouTube Hadirkan Tayangan Eksklusif E-Sports Call of Duty dan Overwatch

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Ilustrasi. (Foto: Unsplsh)

Uzone.id- Penerbit video game Activision Blizzard telah menandatangani kerja sama jangka panjang dengan Google. Melalui kemitraan ini akan mendukung semua hosting game milik Activision Blizzard dan kebutuhan teknis lainnya.

Yang lebih penting dari itu, sebagai bagian dari kesepakatan, YouTube akan menjadi mitra streaming eksklusif untuk semua e-sports dari Activision Blizzard, termasuk Overwatch League dan Call of Duty League, yang akan dimulai pada 24 Januari 2020 di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat.

Baca juga:Terungkap Tanggal Google I/O, Bakal Bahas Apa?

MengutipThe Verge, kesekapatan ini merupakan kemenangan besar bagi YouTube. Meski menjadi situs video terbesar dan nomor dua dengan kunjungan terbanyak di dunia, YouTube telah bersaing dengan platform streaming game terdepan Twitch. Berbasis di Amerika Serikat, Twitch adalah mitra streaming eksklusif untuk dua musim pertama Overwatch League.

Sementara itu, sejak diluncurkan pada 2015, YouTube Gaming gagal berkembang sebagai platform mandiri dari ekosistem YouTube. Awal tahun ini, perusahaan bahkan menutup aplikasi YouTube Gaming.

Baca: Google Envelope, Ubah Smartphone Jadi Ponsel Kertas

Namun kegagalan tersebut tidak menghentikan YouTube untuk terus mencoba menangkap lebih banyak pasar live-streaming. YouTube telah menandatangani kesepakatan eksklusif streaming dengan kreator top Jack "CouRage" Dunlop dan Lachlan Power dalam beberapa bulan terakhir.

Kesepakatan antara Activision Blizzard dan YouTube juga bisa diartikan bahwa persaingan antar platform live-streaming game. Twitch milik Amazon berkompetisi melawan YouTube miliki Google, dan Facebook disebut-sebut juga akan membangun platform live-streaming untuk memanfaatkan popularitas konten game.