Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan 3 Maskot Asian Games 2018!

pada 7 tahun lalu - by

Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 pastinya merupakan angin segar bagi negeri ini.

Setelah lama tidak dihibur dengan event olahraga berskala besar. Di tahun 2018 mendatang, masyarakat Indonesia akan kembali menyaksikan secara langsung event olahraga terbesar di benua Asia.

Sejak ditunjuk menjadi tuan rumah, Indonesia pun mulai melakukan berbagai pembenahan dari segi infrastruktur, hingga persiapan untuk event tersebut. Salah satu persiapan yang telah dilakukan Indonesia sejak jauh-jauh hari adalah logo dan juga maskot Asian Games 2018.

Di tahun 2015, dirilislah sebuah desain maskot Asian Games yang diberi nama Drawa. Maskot tersebut diambil dari burung khas Papua, Cendrawasih yang dibalut dengan baju pencak silat. Saat kemunculannya, Drawa langsung mendapat kritikan dari netizen. Banyak yang menganggap maskot tersebut terlewat biasa dan kurang istimewa bagi ajang sekelas Asian Games.

Melihat komentar tersebut, pihak penyelenggara pun langsung mengadakan sebuah sayembara untuk mencari maskot terbaik Asian Games 2018. Dari sayembara tersebut, muncullah 3 maskot utama yakni Bhin Bhin, Atung, dan Kaka, yang melambangkan semboyan Indonesia "Bhinneka Tunggal Ika".

Seperti apa 3 maskot yang akan mewarnai perhelatan Asian Games 2018? Yuk, kenalan lebih dekat dengan mereka!

Bhin Bhin

Ketika pertama kali melihat Bhin Bhin, kamu pasti akan langsung luluh dengan kelucuannya. Bhin Bhin merupakan maskot Asian Games 2018 yang terinspirasi dari burung Cendrawasih, fauna khas Indonesia timur. Bhin Bhin digambarkan sebagai burung mungil berwarna kuning, yang mengenakan vest bermotif batik Asmat dari Papua. Dalam kaitannya dengan olahraga, maskot ini direpresentasikan sebagai simbol strategi.

Atung

Maskot Asian Games 2018 selanjutnya adalah Atung, yang terinspirasi dari rusa Bawean. Buat kamu yang belum tahu, rusa Bawean ini merupakan hewan nokturnal yang tersebar di pulau Bawean, Gersik, Jawa Timur. Sebagai maskot Asian Games 2018, Atung digambarkan sebagai sosok rusa berwarna coklat muda, yang mengenakan sarung bermotif batik tumpal dari Jakarta. Karena rusa dikenal akan kecepatannya, Atung pun dipilih untuk merepresentasikan simbol kecepatan.

Kaka

Maskot terakhir yang merepresentasikan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2017 adalah Kaka, si badak bercula satu yang lucu banget! Badak bercula satu merupakan fauna khas yang hanya bisa ditemui di Ujung Kulon, Indonesia. Tak hanya itu, fauna ini juga merupakan salah satu mamalia terlangka di dunia loh! Jadi nggak heran deh, kenapa akhirnya badak bercula satu ini dijadikan salah satu maskot Asian Games 2018. Dengan menggunakan syal bermotif bunga khas Palembang, Ika pun menjadi simbol dari kekuatan. Sangat sesuai ya dengan sosok asli badak bercula satu yang kekar.

Nah, itu dia tiga maskot utama yang akan merepresentasikan Indonesia sebagai tuan rumah di ajang Asian Games 2018! Untuk tahu lebih banyak soal perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia ini, jangan lupa untuk update terus berita terbaru di website resmi Asian Games 2018!