Zaporozhets, Mobil Rakyat Uni Soviet Buatan Ukraina
Uzone.id- Siapa bilang Ukraina tidak punya mobil buatan sendiri? Dulu, di tahun 1960-an, negara yang kini sedang diinvasi militer oleh Rusia ini punya pabrik 'mobil rakyat', bernama ZAZ (Zaporozhsky Avtomobilny Zavod) Zaporozhets.
Zaporozhets merupakan produsen mobil utama Ukraina, yang berbasis di kota Zaporizhzhia. Saat itu, Ukraina masih bergabung dengan negara komunis Uni Soviet.
Dilansir dariAlpha Cars, Zaporozhets laris manis dibeli konsumen perkotaan maupun desa. Mobil buatan Uni Soviet ini dikenal dengan kinerjanya yang luar biasa ketika melewati jalanan yang jelek berkat suspensi independen dan mesin yang berada di atas roda penggerak, yang membuat mereka membawa 60 persen dari total berat mobil.
BACA JUGA:Pesona Saab 900 Aero Turbo di Film 'Drive My Car'
Zaporozhets punya fitur menarik, yakniundercarriageyang benar-benar rata. ZAZ 965 beratnya cuma 665 kg sehingga membuatnya mudah untuk diangkat, meletakkannya kembali di permukaan yang stabil dan melanjutkan perjalanan.
Mobil pertama yang meluncur dari pabrik Zaporozhets pada tahun 1960 adalah ZAZ 965. Mobil ini membawa mesin MeMZ 965 berpendingin udara OHV 746 cc V4, menghasilkan tenaga 23 hp dan memiliki kecepatan hingga 80 km/jam.
Sama seperti Volkswagen Beetle di Jerman Barat dan Trabant di Jerman Timur, Zaporozhets ditakdirkan untuk menjadi 'mobil rakyat' di Uni Soviet.
Zaporozhets jadi kendaraan paling terjangkau di kawasan Uni Soviet. Namun masalahnya adalah pabrik ZAZ tidak bisa memproduksi cukup banyak mobil untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, dan konsumen harus menunggu unit Zaporozhets selama berbulan-bulan.
ZAZ 965 menjadi kendaraan pertama bagi banyak masyarakat Uni Soviet. Mobil-mobil kecil buatan Zaporozhets ini begitu lincah untuk dikendarai di seluruh Uni Soviet. Pengguna bisa mengendarai mobil ini sejauh ribuan kilometer.
Namun, kekurangannya paling bengkel perbaikan mobil di Uni Soviet masih jarang saat itu sehingga pengemudi terpaksa harus bisa memperbaikin mobilnya sendiri.
Untungnya, mobil buatan Zaporozhets mudah diservis. Ketika produksi ZAZ 965 berakhir pada tahun 1969, hanya 322.116 unit yang dibuat.
Dari jumlah yang sangat kecil ini, hanya beberapa unit saja yang masih eksis. Saat ini, ZAZ 965 asli benar-benar langka bahkan di Eropa.
Kemudian, dilansirCar Throttle, Zaporozhets diproduksi lebih dari dua generasi, dari tahun 1960 hingga 1994, dan kemudian digantikan Tavria yang membawa mesin di depan.
Di program otomotif terkenalTop Gearseason 12 episode 6,hostJeremy Clarcson mengulas model ZAZ 968. Menurut Jeremy, mobil yang menyimpan mesin di belakang ini mirip dengan Porsche 911.
Kemudian, dia berkelakar soal fitur lubang yang letaknya ada di pijakan kaki depan penumpang. Lubang tersebut berfungsi untuk memancing di danau beku. Fitur tersebut, katanya, bahkan tak dimiliki oleh mobil secanggih Maybach. Bener-bener nyelenehnih, mobil.
Jadi, pengemudi membawa mobil berjalan di atas danau yang beku. Mobil bisa diparkir di atas danau dan pengemudi bisa memancing ikan dari dalam mobil dengan bantuan lampu yang kabelnya dicolok kelighter.
Kanal YouTube AlphaCars & Motorcycles juga mengulas ZAZ 958M Zaporozhets yang baru berjalan sejauh 23 km.
BACA JUGA:Citroen DS: Mobil Terindah Sepanjang Masa dan Penyelamat Presiden Prancis
Melihat tampilannya pun masih segar. Mirip dengan mobil yang baru keluar daridealer. Salah satuhostterkejut dengan kenyamanan mobil ini saat duduk di jok. Kemudian handling-nya luar biasa, hening dan tidak ada getaran.
Hostsatu lagi bilang kalau ZAZ 958M Zaporozhets mirip dengan Porsche 356 dengan pendingin udara di belakang.
Generasi pertama ZAZ-965
Konsep mobil Zaporozhets sejak generasi pertama sudah dibuat nyeleneh. Dengan desain bodi yang agak bulat, pintu modelsuicide doordan ada lubang 'insang' untuk menangkap udara di bagian samping.
Suicide dooradalah pintu mobil yang berengsel di bagian belakang, bukan di bagian depan. Pintu model tersebut awalnya digunakan pada kereta kuda, tetapi jarang ditemukan pada kendaraan modern, terutama karena dianggap kurang aman daripada pintu berengsel depan.
Kemudian, di tahun 1962, model Zaporozhets 965A diperkenalkan. Tenaganya pun sedikit meningkat menjadi 27 ps dengan mesin V4 887cc.
Generasi kedua: ZAZ-966 dan 968
Untuk model ZAZ-966 menambilkan desain lebih bersudut. Mesinnya pun diganti jadi 1.2L yang bisa menghasilkan tenaga 30 hp.
Model ini sudah menghilangkan model pintusuicide door. Mesin pun disempurnakan sehingga tidak terdengar bising.
Selanjutnya, di tahun 1971, ZAZ-966 digantikan oleh 968, yang menampilkan perubahan gaya. Paling mencolok adalah perubahan padagrillepalsu dibagian depan.
Selain itu, dasbor juga mendapat ubahan lebih modern. Kemudian ada peningkatan pada rem depan dan faktor keselamatan lainnya. Model ZAZ-968 bisa menghasilkan tenaga besar hingga 40 hp.
Model tersebut menjadi model paling lama diproduksi, yakni hingga tahun 1994 dengan peningkatan tenaga mesin hingga 50 hp.