home ×
Digilife

Anak-Anak Makin Sering Tonton YouTube dan TikTok karena Covid-19

08 June 2020 By
Anak-Anak Makin Sering Tonton YouTube dan TikTok karena Covid-19
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Uzone.id - Sebuah studi baru tentang kebiasaan dan penggunaan aplikasi pada anak-anak menunjukkan data yang mengejutkan. Mengutip Tech Crunch, kini, anak-anak membagi waktu mereka untuk menonton konten di YouTube, TikTok, Netflix, dan bermain game selular seperti Roblox.

Data yang lebih terperinci dari studi tersebut mengungkapkan bahwa anak-anak usia empat 15 tahun menghabiskan rata-rata 85 menit per hari untuk menonton video YouTube. Mereka juga menghabikan 80 menit per hari di TikTok.

Data tersebut merupakan laporan tahunan dari pembuat aplikasi keamanan digital Qustodio. Studi itu dilakukan terhadap 60.000 keluarga dengan anak-anak usia empat hingga 14 tahun di Amerika Serikat, Inggris, dan Spanyol, sehingga datanya tidak mewakili tren global.

Baca juga: Apple Bikin Paten Software yang Bisa Atur Selfie ala Social Distancing

Penelitian itu mencakup kebiasaan online anak-anak dari Februari 2019 hingga April 2020, serta memperhitungkan kondisi krisis saat pandemi virus Corona (Covid-19) dan fokus pada empat kategori utama, yaitu video online, media sosial, video game, dan platform pendidikan.

Anak-anak sekarang menonton video dua kali lebih banyak per hari, daripada yang mereka lakukan empat tahun lalu.

Pada awal 2020, anak-anak di Amerika Serikat menghabiskan 86 menit di YouTube per hari, turun dari 88 menit pada 2019. Di Inggris, anak-anak menonton 75 menit per hari, turun dari 77 menit pada 2019. Dan di Spanyol, anak-anak menonton 63 menit per hari, turun dari 66 menit pada 2019.

Selama lockdown di tengah pandemi Covid-19, waktu yang dihabiskan anak-anak di YouTube meningkat sedikit. Di Amerika Serikat, misalnya, anak-anak pada pertengahan April menghabiskan 99 menit per hari di YouTube.

Baca juga: Google Janji Perbaiki Wallpaper yang Bikin Ponsel Samsung Rusak

Waktu yang dihabiskan anak-anak di TikTok juga meningkat selama lockdown di tengah pandemi Covid-19. Di Amerika Serikat, misalnya, secara rata-rata, penggunaan TikTok pada anak-anak mencapai 95 menit per hari.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa semua peningkatan itu mungkin tidak akan pernah kembali ke titik sebelum pandemi Covid-19. “Kita sekarang hidup dengan sekitar 25 miliar perangkat yang terhubung di seluruh dunia. Banyak dari itu semua ada di tangan anak-anak,” ungkap laporan Qustodio.

Qustodio pun menyimpulkan, “Dunia tidak akan kembali seperti semula, karena tingkat screen-time sudah meningkat. Covid-19 baru saja mempercepat prosesnya.”

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
andreanyp 09 June 2020 | 22:35:10

bagus sih di youtube mereka bebas mengeksplore kreatifitas sesuai minat

Bambang Dot Breakz 09 June 2020 | 01:31:17

mungkin mereka bosan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article