Startup

Anak Bekasi Kalahkan 3000 Peserta di Olimpiade Siswa Cerdas Pijar Sekolah

  • 19 November 2021
  • Bagikan :
    Anak Bekasi Kalahkan 3000 Peserta di Olimpiade Siswa Cerdas Pijar Sekolah

     

    Uzone.id - Anak Bekasi itu bernama Jefta Kenna Shalom Tarigan yang merupakan salah satu siswa dari SMAN 3 Bekasi. Dia berhak mendapatkan hadiah uang dan emas setelah berhasil memenangkan kompetisi di Olimpiade Siswa Cerdas se-Jawa Barat.

    Pria yang masih berusia 16 tahun itu terlihat sumringah saat dinobatkan sebagai pemenang dan menerima e-sertifikat secara virtual dari Sujito selaku Executive Vice President Telkom Regional 3. Sujito berharap agar peserta yang belum memenangkan Olimpiade ini agar tidak berkecil hati dan juga tetap semangat karena masih banyak kesempatan yang bisa diraih.

    "Terima kasih kepada para peserta Olimpiade Siswa Cerdas (OSC) Pijar Sekolah Jawa Barat dan juga kepada sekolah -sekolah yang telah mengikuti rangkaian acara. Olimpiade ini membawa nilai-nilai yang positif bagi sekolah -sekolah di Jawa Barat dan juga menumbuhkan rasa kompetitif di antara pesertanya," ujar Sujito, dalam keterangan resminya.

    Baca juga: Tips Belajar Online Tetap Seru Tanpa Suntuk

    Dalam olimpiade yang diadakan oleh Pijar Sekolah bekerja sama dengan institusi lainnya, selain Jefta yang menjadi juara, ada juga Christopher Raynard dari SMAS Regina Pacis di posisi 2, dan Alandra Salvira Lim dari SMA Kristen Penabur Cirebon yang meraih posisi 3. Di posisi Harapan 1 dan 2, berturut-turut ada Alya Nur Rahmah dari SMAN 2 CIMAHI dan Sekar Ayu Mutiara Yunus dari SMAN 3 BEKASI.

    Officer Senior Manager Business Goverment Enterprise Service (OSM BGES) PT Telkom Regional 3 Jabar Ricka Febriliantina, mengapresiasi antusiasme peserta yang ikut kompetisi ini. Dia mengklaim ada lebih dari 3.000 siswa yang mengikuti olimpiade ini. "Mereka adalah pahlawan kebanggaan dari sekolahnya masing-masing," kata Ricka.

    Muhammad Ghani Ilman selaku ketua penyelenggara Olimpiade Siswa Cerdas Jawa Barat dalam acara kemarin menyampaikan bahwa babak penyisihan Olimpiade Siswa Cerdas Jawa Barat terpilih 2.924 siswa dari 353 SMA, SMK, dan MA di Jawa Barat dari sebelumnya jumlah pendaftar lebih dari 3.000 peserta.

    Baca juga: Pijar Sekolah Jadi Solusi Sarana Belajar Virtual Terintegrasi

    Dari babak penyisihan yang berlangsung dari pukul 14.00-16.30 WIB, terhitung ada 15 peserta yang lolos ke babak Final Battle dan diumumkan pada 12 November 2021. Setelah itu, acara dilanjutkan Babak Final Olimpiade Siswa Cerdas Jawa Barat dilaksanakan pada tanggal yang 15 November 2021 dan langsung dibuka dengan pembacaan aturan oleh MC.

    Pada tahap final battle, peserta akan mealui dua babak penyisihan. Pada Babak Pertama, ada 15 Peserta yang mengerjakan 50 soal selama 60 menit, lalu 5 Peserta yang berhasil lolos akan mengerjakan 10 soal dengan waktu 20 menit.

    Rangkaian pelaksanaan acara ini juga diisi dengan sosialisasi Pijar Sekolah versi terbaru kepada sekolah - sekolah yang hadir dan dimeriahkan dengan pemberiaan hadiah bagi pemenang Twibbon yang akan mendapatkan saldo LinkAja sebesar Rp.100.000 dan juga Free Sooltan Net 1 tahun yang diberikan kepada sekolah SMAN 7 Bekasi dan SMAN 1 Cibinong, pemberian ini sebagai bentuk apresiasi Pijar Sekolah karena kedua sekolah ini telah mendaftarkan peserta terbanyak.

    Olimpiade Siswa Cerdas Jawa Barat merupakan olimpiade yang ditujukan untuk semua insan pendidikan yang duduk di bangku SMA, SMK, dan MA khusus daerah provinsi Jawa barat. Sebelumnya OSC Pijar Sekolah telah dilakukan di provinsi DKI Jakarta dan Lampung. Olimpiade digelar Pijar Sekolah bekerjasama dengan Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dan Dinas Pendidikan Jawa Barat. Siswa berkesempatan untuk mengukur tingkat kemampuan dalam beberapa mata pelajaran, seperti PPKN, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Sejarah Indonesia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini