icon-category Technology

Android 10 Resmi Dirilis untuk Ponsel Pixel, yang Lain Harap Sabar

  • 04 Sep 2019 WIB
  • Bagikan :

    (dok. Google)

    Uzone.id -- Pembaruan sistem operasi Android 10 akhirnya mulai dirilis pada Selasa (3/9) waktu Amerika Serikat. Perangkat pertama yang dapat menikmati Android 10 ini sudah pasti ponsel Pixel dari Google.

    Android 10 sebelumnya memang sudah bisa diakses dalam bentuk beta. Kini, pengguna Pixel bisa benar-benar merasakan OS baru ini dalam bentuk rilis resmi. Deretan ponsel Pixel yang seharusnya bisa mendapatkan update Android 10 adalah Pixel pertama, Pixel 2, Pixel 3, dan Pixel 3a.

    OS baru ini kerap dikatakan Google bisa lebih aman dan mempermudah produktivitas pengguna. 


    Kalau kamu pengguna Pixel, caranya mudah untuk memperbarui ke Android 10. 

    Klik Settings pada ponsel > System > Advanced > System Update.

    Bagi pengguna ponsel Android lainnya, memang harus bersabar karena Google biasanya membutuhkan waktu untuk benar-benar merilis Android 10 ke semua brand ponsel. 

    Baca juga: Daftar Ponsel yang Kebagian Android 10

    Ada beberapa fitur Android 10 yang ditonjolkan selama ini, di antaranya Focus Mode untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang dianggap mengganggu, kontrol notifikasi yang disederhanakan, Dark Themes, dan Smart Reply.

    Seperti yang kita ketahui, Google sengaja mengubah tradisi penamaan Android 10 tanpa embel-embel nama makanan pencuci mulut. Android 9.0 Pie adalah OS terakhir yang menggunakan nama dessert.

    Baca juga: Alasan Google Setop Pakai Nama Dessert untuk Android

    Alasannya agar penamaan dan pemahaman OS Android bagi semua pengguna di seluruh dunia gak membingungkan. Maka, dimulai dari Android 10 ini seterusnya hanya akan menggunakan keterangan angka saja.

    Selain mengubah nama, Google juga mengubah logo dan warna khas Android. Robot Android yang tadinya berwarna hijau muda, kini lebih ke toska dengan font lebih membulat.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini