icon-category Digilife

Android 13 Final Beta Digulirkan, Selangkah Sebelum Rilis Resmi

Uzone.id - Google telah merilis update keempat sekaligus menjadi tahap final beta dari Android 13. Itu artinya, update resmi Android 13 bakal digulirkan dalam waktu dekat.

Google pun mengonfirmasi hal tersebut. Raksasa pencarian itu memastikan pembaruan Android terbaru akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan. 

Perangkat pertama tentu saja Google Pixel Series yang mendukung, kemudian dilanjutkan pada beberapa smartphone dari vendor lainnya yang telah terdaftar sebagai pengguna pertama.

Tahap final beta sendiri berarti para developer aplikasi sudah bisa melakukan pengembangan atau pengujian terakhir sebelum update aplikasi ataupun game yang dibuat dirilis ke publik. 

Karena memasuki tahap platform stability juga, semua aplikasi yang dibuat seharusnya sudah mendukung API SDK dan NDK dari Android 13, sistem yang stabil, serta memenuhi pembatasan antarmuka non-SDK.

Baca juga: Cara Forward Gambar WhatsApp dengan Caption

Adapun tahap final beta juga dirilis untuk memperbaiki berbagai masalah yang dilaporkan pada tahap sebelumnya. Update Android 13 ini juga menjadi versi pra-rilis yang paling stabil sebelum digulirkan resmi.

Banyak Fitur Baru, Terutama Privasi

Sisi privasi dan keamanan pengguna masih menjadi fokus utama pengembangan Android. Sistem operasi yang baru ini menghadirkan Notification Permission dan Photo Picker.

Selain itu, ada pula fitur yang memungkinkan pengguna mengatur bahasa di tiap aplikasi. Sampai saat ini, bahasa yang diatur berlaku untuk semua, kecuali aplikasi yang ada memiliki pengaturan untuk mengubah bahasa sendiri.

Baca juga: Malware Penyedot Pulsa Ancam Pengguna Android

Kemudian terdapat fitur HDR Video, Bluetooth LE Audio, MIDI 2.0 melalui USB dan sebagainya. Buat kalian pengguna Google Pixel yang sudah mendaftarkan diri ke program Google Public beta, seharusnya sudah mendapatkan pembaruan ini secara OTA (over the air).

Jika belum atau ingin mencobanya, silakan untuk mendaftarnya langsung ke situs resmi Google. Jika semua persyaratan terpenuhi, seharusnya kalian langsung mendapatkan update ke Android 13.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini