icon-category Gadget

Android 13 Resmi Gunakan Nama ‘Tiramisu’

  • 12 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Pinterst)

    Uzone.id - Sejak Android 10, Google sejatinya telah menghilangkan nama makanan pencuci mulut untuk kode nama sistem operasi mobile miliknya. Namun, besar kemungkinan mereka akan menggunakannya kembali pada Android 13.

    Sempat tersebar kalau Android 13 nantinya akan memakai nama makanan pencuci mulut dengan kode ‘Tiramisu’. Dan secara eksplisit, Google menunjukannya setidaknya kepada para pengembang.

    Seperti dikutip Uzone.id dari The Verge, Sabtu (12/2), pengaturan pratinjau pertama Android 13, para developer akan melihat "Tiramisu" di bawah "Versi Android."

    Biasanya, halaman ini menunjukkan versi Android yang sebenarnya, atau sebuah huruf. Misalnya, pratinjau Android 12 menggunakan "S" untuk menunjukkan versi Android.

    Walaupun tidak ada kaitannya secara langsung dengan fitur-fitur yang ditawarkan, bagi sebagian orang, menunggu kreativitas Google dalam pemberian nama sistem operasi Android setiap tahunnya adalah hal yang menyenangkan.

    Baca juga: Fitur Baru WhatsApp iOS yang Bikin Pengguna Android Iri

    Android JellyBean, KitKat, Lollipop, Marshmallow adalah beberapa di antara OS dari Google yang akrab di telinga si pengguna Robot Hijau itu.

    Lalu apa alasan Google sempat menghentikan nama camilan manis ini?

    “Tim teknisi kami selalu menggunakan nama kode internal berdasarkan makanan manis, makanan pencuci mulut sesuai urutan alfabet. Tradisi nama ini sesuatu yang seru bagi pihak luar juga. Namun kami mendengar masukan selama beberapa tahun ini bahwa nama-nama itu tak selalu dimengerti oleh semua orang di komunitas global,” tulis VP of Product Management Android Sameer Samat di dalam blog resmi perusahaan.

    Baca juga: Bocoran Rilis iOS 15.4

    Dia melanjutkan, “contohnya, L dan R kerap mirip saat diucapkan dalam beberapa bahasa. Jadi ketika orang mendengar Android Lollipop, ternyata tidak semuanya langsung paham atau ingat bahwa OS ini adalah versi setelah KitKat. Bahkan penamaan ini lebih sulit dimengerti bagi pengguna baru Android.”

    Contoh lain yang Sameer berikan, timnya menyadari bahwa pie bukan makanan pencuci mulut di beberapa negara, serta marshmallow bukanlah kudapan manis populer di sejumlah kawasan di penjuru dunia.

    “Sebagai sistem operasi global, penting hukumnya bahwa penamaannya jelas dan dapat dimengerti oleh semua orang di dunia. Jadi, Android berikutnya hanya akan menggunakan versi nomor saja, yakni Android 10. Kami yakin perubahan ini dapat memudahkan nama OS kami dan lebih intuitif bagi komunitas global,” imbuh Sameer.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini