icon-category Startup

Anti Suap, RUNS Komitmen Terapkan Good Corporate Governance

  • 21 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi

    Uzone.id - PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS), emiten yang bergerak di bidang penyedia piranti lunak Enterprise Resource Planning (ERP), menjamin perusahaanya menjalan prinsip Good Corporate Governance.

    Salah satunya adalah belum lama ini perseroan menjalani proses audit untuk sertifikasi 3 ISO sekaligus, yaitu ISO 9001, ISO 27001 dan ISO 37001. Dalam proses ini, perseroan menunjuk PT TUV Rheinland Indonesia sebagai auditor, sebuah lembaga di bidang jasa sertifikasi sistem manajemen yang berpusat di Jerman dan telah berpengalaman selama 130 tahun dibidangnya.

    Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan standard internasional untuk system manajemen mutu yang berisi tentang persyaratan dan rekomendasi yang bertujuan menjamin perseroan memberikan layanan sesuai kebutuhan pengguna jasa.

    Dalam penerapannya, perseroan secara berkala melakukan peninjauan/survey terkait kepuasan pelanggan demi untuk memberikan layanan dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

    Sertifikasi ke-2 adalah ISO 27001:2013, standard internasional dalam menerapkan system manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management System (ISMS).

    ISMS adalah seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan resiko keamanan informasi, serta untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi. Sedangkan sertifikasi ke-3, yaitu ISO 37001:2016, sebuah standard yang mengatur tentang system manajemen anti penyuapan.

    “Seperti yang kita ketahui bahwa keamanan informasi di era digital ini merupakan hal yang sangat penting. Khususnya bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi atau penyedia layanan piranti lunak seperti kami. Selain jaminan mutu produk dan layanan, keamanan informasi tentunya akan menjadi fokus utama para pelanggan kami,” ujar Sony Rachmadi Purnomo, Direktur Utama yang juga merupakan Founder PT Global Sukses Solusi Tbk.

    Terkait anti penyuapan, sepanjang menjalankan bisnisnya, Sony menceritakan bahwa tidak jarang dihadapkan pada banyak godaan dari berbagai pihak. Seringkali pihaknya ditemukan pada pilihan yang sangat sulit.

    “Bahkan kami sering merasakan perbedaan yang sangat tipis, antara menganggapnya sebagai peluang, godaan atau bahkan jebakan.” imbuhnya.

    Membangun lingkungan bisnis yang sehat, berintergritas, serta menjadi perusahaan tepercaya dalam memberikan layanan dan produk berkualitas tentunya bukan suatu hal yang mudah.

    Dan pastinya membutuhkan komitmen dari berbagai pihak. Untuk itu, sosialisasi terkait penerapan prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik serta penerapannya dalam menjalani bisnis kami lakukan secara berkala baik di lingkungan internal maupun eksternal perusahaan.

    “Sebab, kami mempunya tujuan agar seluruh klien, mitra dan kolega bisnis kami juga dapat menerapkan prinsip GCG tersebut di lingkungan perusahannya. Dan penerapan di lingkungan internal kami semata- mata adalah sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk menjamin produk dan layanan yang sesuai dengan ekspektasi konsumen dan juga stake holder.” pungkas Sony.

    Segala bentuk kebijakan terkait penerapan ISO 9001, ISO 27001, ISO 37001, serta sistem pelaporan pelanggaran (whistleblowing) dalam manajemen RUNS, disosialisasikan kepada publik secara transparan yang dapat di akses melalui website perseroan.



    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini