home ×
Auto

Antisipasi Corona di SPBU Pertamina Masih Tergolong Biasa

19 March 2020 By
Antisipasi Corona di SPBU Pertamina Masih Tergolong Biasa
Share
Share
Share

SPBU Pertamina (Pertamina)

Uzone.id - Pertamina sudah membuat sejumlah aturan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, upaya-upaya yang dilakukan agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman ketika membeli BBM di SPBU Pertamina.

“Seperti kita tahu, SPBU merupakan tempat publik dimana banyak orang yang lalu Lalang. Sehingga kami menerapkan prosedur tambahan, bukan saja untuk mengantisipasi penyebaran virus, namun juga menjaga operator SPBU sebagai garda depan kami. Bagaimanapun, mereka adalah bagian penting dari perusahaan yang bertugas melayani langsung masyarakat, sehingga kami juga berkepentingan menjaga mereka,” tutur Fajriah melalui siaran persnya, Selasa (17/3/2020).

Dia menambahkan, SPBU juga melakukan pemeriksaan suhu kepada setiap petugas SPBU yang akan memulai dan mengakhiri shift bertugas.

Seluruh petugas SPBU Pertamina wajib menggunakan masker dan menjaga jarak dengan konsumen sekitar 1,5 meter.
Petugas SPBU juga menggunakan sarung tahan berbahan karet saat proses penerimaan dan pengembalian uang serta menghindari menyentuh wajah.

SPBU menyediakan hand sanitizer atau alcohol lebih dari 60% di setiap pulau pompa ataupun area dengan tingkat interaksi yang tinggi. Petugas SPBU diwajibkan membersihkan tangan setiap kali melayani transaksi.

Untuk SPBU yang menyediakan layanan self service, SPBU menyediakan petugas yang rutin membersihkan nozzle dengan disinfektan.
Area kantor dan fasilitas lainnya terutama yang sering dikunjungi konsumen seperti toilet dan musholla, juga dibersihkan secara rutin dengan disinfektan.

Konsumen dihimbau untuk menggunakan metode pembayaran cashless.

Apabila ada pelayanan yang kurang sesuai, konsumen dapat menghubungi 135.

Upaya-upaya ini dilakukan bukan saja di SPBU namun juga di jaringan distribusi Pertamina lainnya seperti agen dan pangkalan LPG. Karena itu, masyarakat dihimbau agar tidak panik dalam membeli BBM maupun LPG, karena pelayanan akan tetap berjalan dengan baik dan ketahanan stock BBM maupun LPG dijaga untuk terus berada di level lebih dari 20 hari.

Namun, himbauan Pertamina tersebut rupanya belum tersampaikan dengan baik kepada petugas SPBU Pertamina.

Hal itu terlihat ketika Uzone.id mengisi tangki motor dengan Pertalite di SPBU Pertamina 31.164.01, Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, pada Rabu (18/3/2020).

Biasanya, SPBU ini menerapkan sistem self service atau mengisi BBM sendiri. Namun, pada saat itu pengisian BBM dilakukan oleh petugas.

Awalnya, kami kira hal itu untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang makin ganas di Indonesia. Tak tahunya, menurut petugas yang sengaja tidak kami diumbar identitasnya, mesin untuk mengontrol literan pompa BBM rusak karena imbas air hujan.

Baca juga: Unboxing Gesits, Motor Listrik Lokal yang Sempat Dianggap Barang Ghaib

Begitu juga saat menerima uang dari pelanggan, tidak ada pengamanan seperti memakai sarung tangan atau upaya penghindaran lainnya demi mengantisipasi penyebaran Covid-19. Jaga jarak dengan konsumen 1,5 meter juga belum dilakukan.

Kami sempat bertanya, apakah ada himbauan khusus dari Pertamina untuk para petugas SPBU untuk menghindari Covid-19?

"Cuma disuruh pake masker aja," jawab petugas tersebut.

Untuk sekedar informasi saja, melihat data dari situs kawalcovid19.id yang dikelola oleh Ainun Najib secara independen, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia saat ini berjumlah 227 orang sudah terkonfirmasi, 197 orang dalam perawatan, 11 orang sembuh dan 19 orang meninggal dunia.

 

VIDEO Unboxing Gesits Motor Listrik Lokal, Dapet Apa aja di Paket Pembelian?

  

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DimasHardstyle 16 April 2020 | 21:29:24

Bagus deh kalau masih dalam keadaan normal di SPBU

DHStyle 15 April 2020 | 10:11:36

bagus deh kalau masih keadaan normal di SPBU

Miskin aman 22 March 2020 | 10:05:36

jadi semakin aman dah kalau lagi beli bbm

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id