icon-category Digilife

Apa CCTV Terbaik untuk di Rumah Sakit?

  • 17 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Pexel)

    Uzone.id - Pemakaian kamera pengintai atau CCTV di berbagai fasilitas umum bukanlah sebuah hal yang aneh. Sudah banyak tempat umum yang memasang CCTV sebagai salah satu bagian dari sistem keamanan mereka.

    Contohnya adalah rumah sakit yang perlu menggunakan paket CCTV terbaik sebagai bentuk antisipasi jika ada tindak kejahatan atau peristiwa penting lainnya.

    Rumah sakit merupakan fasilitas umum yang sangat penting bagi masyarakat. Tentunya bukan hanya kualitas pelayanan yang harus dioptimalkan tetapi juga sistem keamanan di lingkungan rumah sakit tersebut juga perlu diperhatikan. Pemasangan CCTV akan menjadi pilihan tepat sebagai upaya melengkapi fasilitas di sebuah rumah sakit.

    Manfaat Pemakaian CCTV di Rumah Sakit

    Perangkat CCTV memang bisa memberikan banyak manfaat lewat fungsinya dalam merekam dan mengawasi kondisi sekitar. Apalagi jika dipasang di fasilitas umum seperti rumah sakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan perangkat CCTV di lokasi rumah sakit:

    • Menjaga Keamanan

    Jelas sekali bahwa fungsi utama dari CCTV ini adalah sebagai pendukung sistem keamanan. Pengawasan keamanan lingkungan rumah sakit akan semakin ketat berkat adanya CCTV. Apalagi di zaman sekarang ini tindak kriminal bisa terjadi kapan saja bahkan menyerang lokasi-lokasi yang seharusnya aman dan nyaman seperti rumah sakit.

    Paket CCTV terbaik akan membantu tim keamanan rumah sakit untuk bekerja secara optimal. Pengawasan setiap sudut lokasi rumah sakit bisa lebih efektif.

    Seperti kita tahu bahwa rumah sakit akan beroperasi 24 jam non-stop sehingga memang sangat penting untuk menjaga keamanannya tanpa henti. Tenaga manusia biasa tentu memiliki keterbatasan jika harus mengawasi keamanan non-stop.

    Jika suatu saat memang terjadi tindak kejahatan atau peristiwa penting lainnya, CCTV ini akan memberikan bukti rekaman yang akurat. Bukti tersebut bisa menjadi alat penyelidikan yang akan sangat membantu kerja polisi atau detektif dalam mengusut kasus. Jadi memang bisa dikatakan bahwa pemasangan CCTV ini sangat penting bagi rumah sakit.

    • Memantau Kondisi Pasien

    Kamera pengintai atau CCTV tidak hanya akan menjaga lingkungan tetap aman dari tindak kriminalitas. Namun, perangkat ini juga bisa digunakan untuk memantau kondisi pasien. Biasanya CCTV akan dipasang di kamar pasien yang membutuhkan perawatan khusus atau intensif. Nantinya perawat bisa mengawasi langsung kondisi pasien melalui CCTV.

    Ruang yang biasanya membutuhkan CCTV adalah ICU dimana pasien tidak bisa ditemani oleh pendamping. Oleh sebab itu, dibutuhkan kamera pengawas yang akan membantu tenaga kesehatan untuk mengetahui kondisi pasien. Tentunya dibutuhkan kamera CCTV terbaik agar hasil rekaman yang diberikan berkualitas dan akurat.

    Dengan adanya kamera pengaman ini maka tindakan terhadap pasien bisa dilakukan secara tepat. Apabila pasien mengalami kondisi gawat darurat dan butuh pertolongan maka tenaga kesehatan bisa langsung datang. Kesimpulannya, CCTV tidak hanya menjaga keamanan tetapi juga melindungi para pasien yang butuh perawatan intensif.

    • Meningkatkan Pelayanan

    Perangkat CCTV di rumah sakit juga akan membantu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Melalui CCTV, bisa dilakukan pemantauan aktivitas para tenaga kesehatan dan masyarakat di seluruh lingkungan rumah sakit.

    Dengan begitu bisa diketahui apakah kerja staf dan tenaga kesehatan dalam melayani masyarakat sudah optimal atau belum.

    Melalui hasil rekaman CCTV pula bisa diketahui apakah ada fasilitas rumah sakit yang sudah rusak atau tidak memadai. Nantinya, pihak manajemen bisa melakukan perbaikan sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa jauh lebih optimal. Agar bisa mendapatkan manfaat ini, manajemen rumah sakit harus melakukan peninjauan hasil rekaman CCTV secara teratur.

    • Mencegah Tindak Kejahatan

    Pemasangan paket CCTV terbaik akan membantu mencegah terjadinya tindak kejahatan di lingkungan rumah sakit. Perangkat kamera keamanan ini akan memberikan rasa takut kepada orang-orang yang berniat jahat. Hal ini disebabkan oleh munculnya perasaan bahwa mereka selalu diawasi setiap waktu.

    Melalui pengawasan CCTV pula tindak kejahatan bisa dideteksi sejak dini. Artinya, jika ada gerak-gerik mencurigakan atau indikasi tindak kriminal, tim keamanan bisa langsung bertindak. Hal ini akan membantu menurunkan peluang terjadinya aksi kriminalitas yang merugikan di lingkungan rumah sakit.

    • Meningkatkan Kenyamanan Pasien

    Dari semua manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa kamera CCTV ini akan memberi rasa nyaman bagi pasien. Tentunya masyarakat zaman sekarang akan selektif memilih fasilitas rumah sakit yang aman juga nyaman. Dengan adanya perangkat CCTV ini pasien akan merasa dilindungi dengan baik dan pelayanan yang diterima juga lebih optimal.

    Kondisi ini nantinya akan menguntungkan pihak rumah sakit. Semakin nyaman pasien berobat di rumah sakit tersebut maka akan semakin bagus. Oleh sebab itu, rumah sakit perlu segera mempertimbangkan pemasangan paket CCTV terbaik demi menjamin kenyamanan juga keamanan pasien, tenaga kesehatan, juga staf yang bekerja di sana.

    Aturan Pemasangan

    Tentu saja pemasangan perangkat kamera pengintai di rumah sakit tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ada aturan pemasangan yang sebaiknya diikuti agar perangkat ini bisa memberikan manfaat yang optimal tanpa merugikan orang lain. Berikut adalah beberapa aturan pemasangan CCTV di lingkungan rumah sakit:

    • Pasang di Titik yang Tepat

    Pertama, pasanglah CCTV di titik yang tepat. Pemilihan titik pemasangan ini juga sangat penting dan akan berpengaruh pada hasil rekaman yang diberikan oleh CCTV. Setelah dipilih paket CCTV terbaik maka dukunglah kinerjanya dengan pemasangan di lokasi yang tepat. Lokasi tersebut harus bisa menjangkau area yang cukup luas dan pencahayaannya memadai.

    Rumah sakit merupakan tempat yang sangat kompleks karena memiliki banyak bagian ruangan. Jadi sangat penting untuk melakukan survei lokasi secara menyeluruh agar bisa dipilih titik pemasangan terbaik dan efektif. Pastikan pula perangkat kamera CCTV tidak dipasang di tempat yang terhalang objek tertentu.

    • Sesuaikan dengan Bangunan Rumah Sakit

    Sangatlah penting untuk menyesuaikan pemasangan CCTV dengan bangunan rumah sakit, terutama dari segi ukurannya. Semakin besar atau luas bangunan rumah sakit maka semakin banyak unit CCTV yang akan dibutuhkan. Penyesuaian jumlah unit CCTV dengan luas area rumah sakit ini penting untuk mengoptimalkan pengawasan secara menyeluruh.

    Bentuk bangunan rumah sakit dan lingkungan di sekitarnya juga akan berpengaruh pada proses pemasangan CCTV. Misalnya, rumah sakit berada di tengah kawasan yang padat artinya sangat penting untuk mewaspadai adanya risiko ancaman keamanan dari berbagai sisi. Jadi jangan hanya melihat lingkungan dalam rumah sakit tetapi juga harus dipertimbangkan lingkungan di sekitarnya.

    • Perhatikan Titik Private

    Tidak semua lokasi di rumah sakit harus diawasi dengan CCTV. Ingat, ada beberapa titik lokasi di rumah sakit yang sifatnya private. Artinya, tidak boleh ada CCTV yang merekam berbagai jenis aktivitas di lokasi tersebut karena alasan privasi. Misalnya saja seperti di kamar mandi, ruang operasi, kamar inap reguler (bukan ICU), dan lain sebagainya.

    Pengawasan keamanan memang harus dilakukan secara menyeluruh. Namun, bukan berarti semua titik harus diawasi oleh CCTV. Pasang saja kamera CCTV terbaik di lokasi-lokasi yang memang membutuhkan dan perlu diawasi. Selama tidak melanggar privasi maka tidak masalah untuk memasang CCTV di area tersebut.

    • Pertimbangkan Kenyamanan Pasien

    Penggunaan perangkat CCTV harus selalu mengutamakan kenyamanan pasien. Fasilitas kamera pengintai ini dipasang untuk meningkatkan keamanan dan memang mengoptimalkan kenyamanan pasien. Hal ini berkaitan dengan poin yang disebutkan sebelumnya, yakni tidak memasang CCTV di area-area private demi kenyamanan.

    Selain itu, pemasangan CCTV juga harus dilakukan serapi mungkin. Artinya fasilitas ini tidak akan mengganggu mobilitas juga kerapian lingkungan rumah sakit. Itulah mengapa sangat penting untuk merencanakan titik pemasangan dan harus direncanakan pula sistem jaringan dari perangkat CCTV ini dengan sebaik mungkin.

    • Lakukan Instalasi bersama Profesional

    Sebaiknya lakukan instalasi CCTV bersama profesional. Setelah menemukan paket CCTV terbaik, mintalah profesional untuk memasang CCTV di area lingkungan rumah sakit. Mungkin untuk pemakaian CCTV di rumah pribadi, pemasangan sendiri jauh lebih praktis dan mudah. Namun, untuk area rumah sakit yang cukup luas dan kompleks, lebih disarankan memakai jasa profesional.

    Selain pemasangan, jasa profesional ini juga bisa membantu pihak rumah sakit untuk mengatur CCTV sehingga bisa beroperasi sesuai kebutuhan. Dengan begitu, tim keamanan tinggal memantau hasil rekaman CCTV secara efektif. Kendala akibat kesalahan pemasangan CCTV juga bisa diminimalkan jika digunakan jasa profesional untuk melakukan instalasi.

    Pilih Paket CCTV dari Hikvision Seri ColorVu

    Demi mengoptimalkan keamanan lingkungan rumah sakit, jangan sampai salah pilih perangkat CCTV. Gunakan paket CCTV terbaik dari Hikvision Seri ColorVu. Produk ini akan memberikan kualitas pengawasan terbaik di area rumah sakit. Sangat cocok dipasang di fasilitas umum dan bisa meningkatkan efektivitas pengawasan keamanan.

    Produk Hikvision ColorVu ini menawarkan berbagai kelebihan. Bukan hanya perangkat kamera keamanan biasa, produk ini juga menghadirkan fitur pengawasan yang sangat baik berkat teknologi canggih yang diusungnya. Berikut adalah kelebihan yang ditawarkan oleh CCTV Hikvision ColorVu:

    • Menghasilkan Warna Akurat

    Produk CCTV ini akan menghasilkan rekaman dengan warna yang sangat akurat. Render warna sangat berkualitas dan performa ini bisa dihasilkan bahkan saat CCTV bekerja di bawah pencahayaan yang rendah. Dengan begitu, hasil rekamannya akan terlihat lebih bagus dan sangat nyata.

    • Menampilkan Detail yang Jelas

    Kamera CCTV terbaik dari Hikvision Seri ColorVu ini menampilkan detail gambar yang sangat jelas. Informasi warna sekaligus objek yang ditangkap begitu kaya dan jauh lebih baik dibandingkan pencitraan dengan kamera hitam putih.

    • Memberi Pengalaman Visual Memuaskan

    Hikvision Seri ColorVu ini akan memberikan pengalaman visual yang luar biasa bagus. Kecerahan hasil rekamannya sangat seimbang. Selain itu kameranya juga dilengkapi dengan aperture super F1.0 dan sensor lanjutan yang menjamin proses render lebih realistis.

    Tak heran jika produk ini disebut sebagai kamera CCTV terbaik yang cocok digunakan di fasilitas umum maupun rumah pribadi. Hikvision Seri ColorVu ini akan menghadirkan rekaman yang sangat memuaskan. Efektif sekali untuk membantu pengawasan situasi di sekitar area rumah sakit.

    Langsung saja pilih produk Hikvision Seri ColorVu ini untuk dipasang di rumah sakit. Kualitasnya memuaskan dan hasil rekamannya juga tak mengecewakan. Paket CCTV terbaik dari Hikvision ini akan membantu tim keamanan untuk mengawasi lingkungan dengan baik dan lebih akurat dibanding CCTV dengan pencitraan hitam putih. 

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini