home ×
Gadget

Apa Faedahnya Punya Ponsel Berkamera 108MP Kayak Mi Note 10 Pro?

04 January 2020 By
Apa Faedahnya Punya Ponsel Berkamera 108MP Kayak Mi Note 10 Pro?
Share
Share
Share
Share

 (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id — Xiaomi menggebrak awal tahun 2020 dengan kehadiran ponsel pintar teranyar Mi Note 10 Pro. Sorotan utama ponsel ini adalah lensa utamanya yang beresolusi 108MP.

Pusing gak sih bayanginnya? Kamera ponsel yang tadinya cuma 2MP, 5MP, 8MP, 12MP, terus ‘naik kelas’ ke 32MP, 48MP, lalu tiba-tiba mulai menjamur 64MP, dan sekarang… tadaa! Muncul resolusi super tinggi, 108MP.

Kamera 108MP tersebut menggunakan lensa Samsung ISOCELL Bright HMX. Terlepas itu semua, sebetulnya sepenting apa punya ponsel dengan kamera 108MP?

“Kamera beresolusi 108MP itu seakan bisa menangkap dunia baru. Jepret lanskap, momen yang layak diabadikan dengan kualitas tinggi,” tutur Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia di Jakarta, Sabtu (4/1).

Dia melanjutkan, “semakin besar resolusinya, maka semakin detail gambar yang dihasilkan.”

(Foto: Uzone.id/Ranny Virginia)

Xiaomi mengakui, merilis Mi Note 10 Pro yang memiliki kamera 108MP ini agar menjadi yang pertama sebagai ponsel yang mengusung lensa sebesar itu.

“Selain menjadi trendsetter, resolusi 108MP ini memang tentang kualitas jepret foto. Warna jadi lebih tajam, hasil foto lebih detail. Kamera 108MP ini ada untuk pengalaman fotografi yang mumpuni,” imbuh Alvin lagi.

Dengan kata lain, kamera ponsel 108MP ini dianggap penting dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen berjiwa muda, stylish, hobi dan aktif menggunakan kamera ponsel dan suka fotografi.

Baca juga: Mi Note 10 Pro Akhirnya Dirilis, Ini Spek dan Harganya

“Sudah gitu, dengan kamera 108MP, pengguna bisa mencetak foto seukuran billboard, sekitar 4,24 meter. Kualitasnya jernih, tajam,” kata Alvin lagi.

Sementara menurut pengamat gadget Lucky Sebastian yang juga dikenal sebagai pendiri komunitas Gadtorade, resolusi kamera besar sepeti 108MP punya fungsi tersendiri.

"Sensor resolusi besar seperti 108MP bisa membantu menambal kekurangan sensor yang kecil di ponsel. Sensor besar ini bisa memberikan data yang melimpah dari sebuah gambar yang ditampung dari sensor besar itu sendiri," terangnya kepada Uzone.id.

Senada dengan Alvin, pada akhirnya resolusi kamera ponsel yang tinggi tujuannya untuk menghasilkan detail foto yang lebih tajam.

"Software komputasi yang semakin maju bisa memanfaarkan data ini untuk membuat foto yang lebih detail dan dynamic range yg lebih baik," kata Lucky.

Kendati begitu, ada hal yang harus diperhatikan jika memang mau menggunakan kualitas kamera 108MP, yakni memori ponsel.

Sekali jepret, ukuran foto dari kamera 108MP bisa lebih dari belasan megabyte. Ponsel seperti Mi Note 10 Pro mensiasatinya dengan memori internal seluas 256GB.

Mi Note 10 Pro dirilis seharga Rp6,99 juta.

Dengan banderol segitu, Mi Note 10 Pro dibekali 5 lensa di bagian belakang. 

Berikut detailnya resolusinya:

  • 108MP wide-angle f/1,69, 8P Lens, OIS
  • 2MP macro lens
  • 20MP ultra-wide f/2.2
  • 5MP telephoto f/2.0, 10x hybrid zoom, OIS
  • 12MP portrait f/2.0, 2x optical zoom

Untuk kamera selfie, resolusinya pun tak kalah besar, yakni 32MP.

Ponsel ini mengusung layar 6,47 inci AMOLED Full HD+ panel OLED dan masih mengusung notch di bagian atasnya.

Dapur pacu ponsel ini menggunakan Snapdragon 730G dan disandingkan dengan RAM 8GB.

Kejutan lainnya terletak di baterai yang kapasitasnya jumbo banget, 5.260 mAh dengan kemampuan fast-charging 30W.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id