home ×
Auto

Apa Fungsi Pompa Bensin Mobil dan Gejalanya Kalau Rusak

23 June 2020 By
Apa Fungsi Pompa Bensin Mobil dan Gejalanya Kalau Rusak
Share
Share
Share

Uzone.id - Sejumlah pabrikan Jepang mengumumkan secara global kalau mobil-mobilnya terkena masalah pada sistem bahan bakar, tepatnya pompa bahan bakar (fuel pump).

Fuel pump sendiri, di website resmi Toyota Indonesia, merupakan salah satu komponen atau organ penting pada kendaraan bermesin bakar. Ibaratnya, seperti jantung yang tugasnya mengalirkan bahan bakar ke ruang mesin agar mobil bisa melaju.

Bahan bakar yang tersimpan dalam tangki kemudian dipompa agar tersalur ke ruang mesin. Jika komponen ini rusak, maka pasokan bahan bakar yang dibutuhkan mesin pun akan terganggu.

BACA JUGA: Ribuan Karyawan Daihatsu Tak Diperpanjang Kontraknya

Jadi proses pembakaran di mesin yang membutuhkan suplai bahan bakar bisa terganggu.

Ada beberapa gejala saat fuel pump bermasalah. Antara lain saat mobil sedang melaju, tiba-tiba kehilangan tenaga walau pedal gas sudah diinjak penuh.

Selain itu mobil juga melaju tidak normal, terasa ndut-ndutan seperti kehabisan bahan bakar, meskipun mungkin saat itu indikator bahan bakar masih menunjukkan penuh.

Kalau kedua gejala awal di atas masih dicuekin juga, biasanya mesin mobil akan langsung mati, serta tak mau lagi dihidupkan. Jadi ribet deh kalau udah begini.

Perbaikan bisa dilakukan, dan tidak begitu sulit pengerjaannya karena posisinya juga biasanya dibalik jok belakang. Tapi akan lebih baik memang menggantinya dengan yang baru.

VIDEO Test Drive Renault Triber, Begini Rasanya Mobil Murah Eropa?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 24 June 2020 | 07:28:22

udah tau fungsi fari pompa bensin itu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id