icon-category Auto

Mengenal Fitur 'Halo' yang Selamatkan Zhou Guanyu di Kecelakaan F1

  • 04 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Zhou Guanyu (Foto: Instagram @zhouguanyu24)

    Uzone.id - Fitur keselamatan Halo yang berada di kokpit Formula 1 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2018 dan merupakan fitur keselamatan untuk jet darat tersebut.

    Halo bertindak sebagai cincin pelindung terbuat dari titanium yang diletakkan di sekitar kokpit pengemudi.

    Fitur Halo dirancang untuk mencegah pengemudi dari cedera akibat puing-puing terbang atau menderita trauma di kepala.

    Badan pengatur F1 butuh waktu lama untuk meneliti dan menguji desain karena fitur ini sedikit memengaruhi visibilitas pengemudi.

    Halo juga yang ikut berperan menyelamatkan nyawa pembalap F1 asal China, Zhou Guanyu, ketika terlibat kecelakaan horor di Grand Prix Inggris, beberapa detik setelah lomba digelar pada Minggu (3/7/2022).

    BACA JUGA: Kenapa Honda ADV 160 Lebih Boros dari ADV 150?

    Pembalap Mercedes, George Russell sampai bilang kecelakaan itu sebagai "salah satu kecelakaan paling menakutkan yang pernah saya lihat."

    Mendekati tikungan pertama berada pada kecepatan lebih dari 200 km/jam, pembalap Alfa Romeo Zhou Guanyu tiba-tiba terbang terbalik melintasi trek Silverstone, sebelum melintasi kerikil dan membalik pembatas ban.

    Mobil Zhou berhenti setengah tegak di pagar pembatas dengan disaksikan para penonton yang terkejut.

    "Halo menyelamatkan saya hari ini, dan itu menunjukkan bahwa setiap langkah yang kami ambil dalam meningkatkan mobil kami memiliki hasil yang nyata dan berharga," kata Zhou dilansir Uzone.id dari SCMP, Senin (4/7/2022).

    "Saya lebih bersemangat dari sebelumnya untuk kembali ke jalur dan melakukan apa yang saya sukai. Saya fit dan saya menantikan Austria minggu depan."

    BACA JUGA: Honda ADV 160 Tidak Pakai Frame eSAF, Alasannya Begini

    Zhou juga berterima kasih kepada petugas tim medis yang menurutnya "fantastis" atas tanggapan cepat mereka.

    Frederic Vaseur, kepala Alfa Romeo F1 Team ORLEN, mengkonfirmasi bahwa Zhou akan fit untuk balapan di Austria pekan depan.

    "Saya pikir kita semua sepakat bahwa hal terpenting hari ini adalah melihat Zhou keluar dari kecelakaan besar tanpa cedera," kata dia.

    "Apa yang disaksikan adalah adegan dramatis, dan sekali lagi kami harus berterima kasih kepada peningkatan besar dalam keselamatan yang dipelopori oleh FIA dan Formula 1 untuk hasil yang positif," imbuhnya.

    Fitur keselamatan Halo yang terbuat dari titanum sempat diprotes para pengemudi karena mereka tidak suka dengan tampilan cincin pelindung di sekitar kokpit.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini