home ×
Auto

Apa itu HEV ? Akan Dipakai Mitsubishi Xpander

31 July 2020 By
Apa itu HEV ? Akan Dipakai Mitsubishi Xpander
Share
Share
Share

Mitsubishi Xpander (Yudi / Uzone.id)

Uzone.id - Mitsubsihi akan meluncurkan Xpander dan Xpander Cross dengan sumber tenaga dari Hybrid Electric Vehicle (HEV) pada 2023.

Sebetulnya, apa sih mesin HEV itu?

HEV merupakan jenis kendaraan hybrid yang menggabungkan mesin pembakaran dalam dengan sistem propulsi listrik (hybrid vehicle drivetrain).

Keberadaan powertrain listrik dimaksudkan untuk menghemat bahan bakar yang lebih baik dan memiliki kinerja lebih oke dibandingkan kendaraan yang cuma mengandalkan mesin pembakaran dalam.

BACA JUGA: Sirkuit Rahasia AHM di Cikarang Terciduk Google Earth

HEV memanfaatkan teknologi yang meningkatkan efisiensi seperti rem regeneratif yang mengubah energi kinetik kendaraan menjadi energi listrik, kemudian disimpan dalam baterai atau superkapasitor.

Beberapa jenis HEV pakai mesin pembakaran dalam untuk menghidupkan listrik, yang bisa mengisi ualng baterai kendaraan atau langsung menyalakan motor penggerak listriknya.

Kombinasi itu dikenal sebagai generator motor.

Banyak HEV mengurangi emisi idle dengan mematikan mesin saat idle, lalu menyalakannya kembali saat diperlukan.

Itu dikenal sebagai sistem start-stop.

Hybrid-listrik menghasilkan emisi knalpot lebih sedikit dibandingkan mobil bensin ukuran sebanding karena mesin bensin hybrid biasanya lebih kecil dari kendaraan bertenaga mesin bensin.

Jika mesin tidak dipakai untuk menggerakkan mobil secara langsung, bisa diarahkan untuk berjalan pada efisiensi maksimum sehingga meningkatkan keiritan bahan bakar.

Ferdinand Porsche mengembangkan Lohner-Porsche pada tahun 1901. Namun, kendaraan listrik hybrid belum tersedia secara luas sampai dirilisnya Toyota Prius di Jepang pada tahun 1997, diikuti Honda Insight pada tahun 1999.

Awalnya, hybrid tidak diperlukan karena harga bensin yang murah.

Namun, harga bahan bakar minyak naik, banyak produsen mobil menjual mobil hybrid pada akhir 2000-an sampai akhirnya mesin hybrid ini menjadi segmen inti pabrikan otomotif di masa depan.

Pada April 2020, sudah lebih dari 17 juta kendaraan listrik hybrid terjual di seluruh dunia sejak didirikan pada tahun 1997. (Uzone.id / Wikipedia)

 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 31 July 2020 | 15:37:43

mitsubishi akan meluncurkan xpander

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id