icon-category Auto

Apa Itu Lane Hogger? Bikin Emosi dan Memicu Kecelakaan di Jalan!

  • 27 Apr 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Kalian pasti pernah merasa kesal saat di jalan tol, ketika di depan kalian sebuah mobil melaju statis di jalur paling kanan, padahal di depannya tidak ada mobil lain. Nah, itulah kira-kira yang disebut sebagai lane hogger.

Mobil-mobil yang melaju seperti itu emang bikin emosi. Diberi lampu dim atau bahkan klakson untuk minggir atau memberi jalan, tapi tetap diam tak bergeming.

Akhirnya, terpaksa menyalip dari sisi kiri dan kalau emosi kita terpancing sedikit, bawaannya mau menyalip sambil memepet mobil tersebut biar jera.

Namun, kelakuan kita saat menyalip dengan memepet tersebut justru malah berpotensi memicu kecelakaan tabrakan beruntun.

Kalau si pengendara lane hogger tersebut kaget dan panik, reaksi paling umum adalah menginjak rem mendadak, karena mobilnya dipepet oleh mobil kita.

Sialnya, di belakangnya banyak mobil-mobil lain yang jaraknya rapat alias tidak menjaga jarak aman. Maka, ketika mobil si lane hogger melakukan rem mendadak, maka terjadilah… brakkkk!

Pegendara lane hogger seperti ini ternyata masih bisa kita temukan di jalan. Seperti yang ditunjukkan pada video yang diunggah akun Instagram @demendolan.

Pada video tersebut, terlihat sebuah mobil LCGC berjalan statis dan anteng tidak mau menepi ke kiri, padahal kondisinya sedang tidak menyalip kendaraan lain dan di depannya pun kosong tidak ada mobil lain yang menghambat lajunya.

Netizen pun ramai mengomentari video tersebut. Ada yang merasa emosi, ada juga yang tidak mau ambil pusing dan langsung segera menyalip dari sisi kira (yang sebenarnya tidak dianjurkan).

"Gw sih gak bikin pusing dahh. Selama di lajur kiri kosong, Ya ambil kiri aja ngedahuluin. Beres. Ngarepin org lain buat ngerti mah sulit. Bikin nyaman diri sendiri ajaaa," komen @boyd***.

"Ya kalau kosong tinggal ke kiri. Kalau ngikutin kanan model begitu ya harap bersabar," tambah akun @alex***.

Padahal, dalam aturan di jalan tol, jalur paling kanan hanya untuk menyalip dan setelah menyalip wajib kembali ke jalur tengah atau kiri. Selain itu, di jalan tol juga dilarang menyalip dari sebelah kiri.

Jadi sederhananya, kalau mau berjalan pelan (kecepatan minimal rata-rata di jalan tol adalah 60 km per jam) maka gunakan jalur paling kiri. Mau lebih cepat pakai jalur di tengah dan kalau mau menyalip kendaraan lain, baru mengambil jalur kanan.

Jadi buat kalian yang belum tau aturan dan etika berkendara khususnya di jalan tol, ada baiknya menghindari perilaku mengemudi lane hogger karena selain bikin kesal pengendara lain, kelakuan seperti ini juga bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini