icon-category Auto

Apa Itu Pandemi? Penjualan BMW Group Indonesia Malah Naik 21 Persen

  • 18 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    BMW M2 (Foto: BMW Group Indonesia)

    Uzone.id -  Pandemi Covid-19 rupanya tak mampu menggerus brand BMW yang menghadirkan mobil-mobil kelas premium.

    Buktinya, brand BMW telah meraih posisi teratas di antara seluruh brand premium. BMW Group Indonesia memperkuat posisinya sebagai pemimpin di segmen otomotif premium Indonesia dengan mencatatkan penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    BMW Group Indonesia meraih pertumbuhan penjualan sebesar 21 persen menjadi 3.102 unit kendaraan BMW dan MINI pada tahun 2021, yang terdiri dari 2.433 (+17 persen) unit BMW dan 669 (+39 persen) unit MINI.

    BACA JUGA: Yamaha Fazzio Hybrid Rilis di Indonesia, Scoopy Wajib Was-was!

    "Secara global, BMW Group membukukan pertumbuhan penjualan year-on-year yang solid sebesar 8,4 persen tahun lalu, dengan total 2.521.525 kendaraan BMW, MINI, dan Rolls-Royce dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia," kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, dalam pernyataan resminya kepada Uzone.id, Selasa (18/1/2022).

    Penjualan BMW mencapai rekor tertinggi baru tahun lalu yaitu 2.213.795 unit (+9,1 persen). Di 2021, BMW memimpin segmen premium global dengan mengungguli semua kompetitornya. BMW Group juga menggandakan penjualan kendaraan full listrik pada tahun 2021 menjadi 103.855 unit (+133,2 persen).

    "BMW Group Indonesia juga buktikan posisinya sebagai pelopor dalam interaksi virtual dan online, kami juga meluncurkan sebanyak lebih dari 28 model BMW dan MINI baru sepanjang 2021,” tambah Ramesh.

    Relaksasi PPnBM berhasil menggairahkan pasar otomotif sepanjang 2021 berkat. Gaikindo mencatatkan pertumbuhan domestik penjualan kendaraan secara retail hampir mencapai 50 persen dibandingkan dengan tahun 2020, dan segmen premium tumbuh lebih dari 9 persen.

    Sejalan dengan hal ini, penjualan BMW naik 17 persen pada tahun 2021 menjadi 2.433 unit (dibandingkan 2.082 pada tahun sebelumnya).

    BMW berhasil menambah pangsa pasar secara signifikan dibandingkan semua kompetitornya. Performa yang solid ini, antara lain, berkat varian model BMW Sports Activity Vehicle (SAV) yang sangat populer di kalangan pelanggan Indonesia.

    BMW tetap menjadi pemimpin di segmen SAV/SUV premium di Indonesia. Secara keseluruhan, kendaraan BMW SAV berkontribusi 54 persen terhadap total penjualan.

    Di antara kendaraan BMW terkemuka di segmennya adalah BMW X1, BMW X3, dan BMW X5. Ketiga model terlaris BMW pada tahun 2021 adalah BMW X1, yang menyumbang 27 persen dari total penjualan, BMW Seri 3 (25 persen), dan BMW Seri 5 (11 persen).

    BACA JUGA: Mobil Harian Buat Dipakai Drag Race, Bisa Lho Gaes

    Pada tahun 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles memecahkan rekor sepanjang masa dengan 132 unit, melebihi rekor tertinggi sebelumnya yaitu 89 unit pada tahun 2015. Ketiga model BMW M teratas pada 2021 adalah BMW M2 Competition (30 persen), BMW M4 Competition Coupè (18 persen), dan BMW M3 Competition (14 persen).

    Secara global, BMW M GmbH sekali lagi mencatat rekor penjualan tertinggi, dengan total 163.542 kendaraan BMW M (+13,4 persen) dikirimkan ke pelanggan.

    MINI juta telah meluncurkan tiga belas model baru pada tahun 2021, termasuk empat model baru yang menampilkan tag 'edisi terbatas'.

    Pada tahun 2021, MINI Indonesia meluncurkan jajaran lengkap New MINI sebagai bagian tahap selanjutnya dari evolusi MINI. 

    Ketiga model MINI yang meraih penjualan tertinggi di 2021 adalah MINI Countryman rakitan lokal (38 persen), diikuti oleh MINI 3-Door (35 persen) dan MINI 5-Door (10 persen).

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini