home ×
Digilife

Apa Keuntungan Punya Kartu Prakerja?

12 April 2020 By
Apa Keuntungan Punya Kartu Prakerja?
Share
Share
Share

 Ilustrasi (Foto: Unsplash / Marten Bjork)

Uzone.id - Indonesia tengah menghadapi masa sulit sejak merebak pandemi virus Corona (Covid-19) sejak awal Maret 2020. Perekonomian seakan-akan berjalan sangat lambat.

Apalagi, banyak karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Apalagi, bagi anak muda yang telah lulus sekolah atau kuliah ingin mencari pekerjaan di masa sulit ini tentu banyak tantangannya.

Oleh sebab itu, pemerintah sudah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama lewat online mulai 11 April - 16 April 2020 ditutup pukul 16.00 WIB. Gelombang pertama akan menjaring 164 ribu orang.   

Pemerintah akan mengumumkan daftar orang-orang yang lolos di gelombang pertama pada 17 April.

Lalu, apa sih keuntungan ikut program Kartu Prakerja?

Kalau kamu mengikuti program Kartu Prakerja, maka kamu bisa meningkatkan kompetensi diri dengan melakukan berbagai pelatihan online maupun offline yang telah disediakan.

Selain itu, program Kartu Prakerja akan memberikan bantuan pembiayaan sampai dengan Rp 7 juta sebagai bekal kamu untuk meningkatkan kompetensi diri.

Dengan adanya peningkatan kompetensi diri, kehadiran Kartu Prakerja berupaya untuk mengatasi masalah kesenjangan keterampilan antara para pencari kerja dengan perusahaan (skill gap).

Selain itu, program ini juga berupaya untuk menjadi solusi dari masalah pengangguran di Indonesia.

Melihat situs resmi prakerja.go.id, ada tiga syarat untuk mendapatkan Kartu Prakerja, yakni Warga Negara Indonesia, berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang sekolah/kuliah.

Setelah syarat itu bisa kamu penuhi, maka selanjutnya kamu harus membuat akun Kartu Pra Kerja, dan langkah berikutnya membuat Kartu Pra Kerja.

Untuk mengetahui bagaimana langkah mendapatkan Kartu Prakerja bisa klik tautan Begini Cara Daftar Kartu Pra Kerja via Online.

 

Kartu Prakerja kerjasama dengan Pijarmahir.id

Kartu Prakerja juga telah bekerjasama dengan Pijarmahir.id, platform pembelajaran digital yang dikembangkan Telkom Indonesia.

Pijar Mahir fokus pada pelatihan bersertifikasi untuk pendidikan vokasi dan profesi. Melalui Pijar Mahir, mulai dari para pencari sertifikasi, pencari kerja, institusi pelatihan hingga komunitas profesi dapat bertemu secara mudah dengan dengan dunia usaha dan industri.

Pijarmahir.id juga telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 20 lembaga pelatihan dan menyediakan lebih dari 2000 kursus dengan tema kewirausahaan, bahasa, hingga literasi digital.

Bagi pemilik Kartu Prakerja maupun umum bisa bergabung dengan Pijarmahir.id. Tata cara untuk bergabung bisa klik tautan Ini Tutorial Gabung dengan Pijarmahir.id untuk Pemilik Kartu Prakerja.

====

Pijarmahir.id merupakan layanan pembelajaran digital yang menyediakan pelatihan bersertifikasi. Pijarmahir.id juga menyediakan asistensi melalui channel WhatsApp di 0813-8916-9391 untuk memudahkan kalian mengakses seluruh layanannya.


 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

19 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Meri 14 July 2020 | 18:44:58

tapi udah beberapa kali daftar tetep aja gagal

DimasHardstyle 17 April 2020 | 07:53:24

ternyata banyak keuntungan menggunakan kartu prakerja. untuk orang orang yang blum berkerja

DHStyle 15 April 2020 | 04:05:56

cukup membantu yang belum mendapatkan kerja

Mpink Iyyah 13 April 2020 | 19:40:19

emang cukup banyak sih manfaatnya. yapi sayang tidak doperuntukkan bagi mahasiswa

Miskin aman 13 April 2020 | 15:00:51

ternyata banyak juga keuntungan kartu tersebut

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id