icon-category Auto

Apa Sebenarnya yang Terjadi dengan Motor Marc Marquez?

  • 20 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Marc Marquez (Foto: Instagram @marcmarquez93)

    Uzone.id - Penampilan Marc Marquez untuk pertama kalinya di balapan MotoGP 2022 setelah tiga bulan menjalani penyembuhan dari cedera malah mengalami insiden tabrakan di Sirkuit Motorland, Aragon, Spanyol, pada Minggu (18/9/2022).

    Bagian belakang motor Marquez dihantam oleh motor Fabio Quartararo sehingga mengakibatkan Quartararo menghentikan balapan.

    "Kami telah menganalisis semuanya bersama Honda karena semuanya sangat panas. Apa yang dialami Fabio sangat sial, sebenarnya saya ingin menjenguknya tapi tidak bisa karena dia sedang berada di klinik keliling akibat lecet, nanti saya coba (jenguk)," tutur Marquez dilansir dari Motosan.es.

    BACA JUGA: 7 Ribuan Unit Lebih Mobil Mitsubishi Terjual Sepanjang Agustus 2022

    Kemudian, pembalap Repsol Honda itu menceritakan bahwa motor Honda yang dikendarainya tergelincir sedikit dari belakang sehingga dirinya tidak melewati tikungan dengan kecepatan.

    "Saya pikir Fabio berniat menyalip saya di tikungan berikutnya, itu sebabnya dia begitu dekat dan terjadi kecelakaan itu saya harap dia baik-baik saja," katanya.

    Marquez mengakui setelah kejadian tersebut, dirinya merasa tidak nyaman. Apalagi ada orang yang berpikir Marquez akan menabrak Nakagami di jalur lurus.

    "Saya sudah di sini (MotoGP) selama beberapa tahun dan di lintasan lurus saya tidak akan pernah melawan pembalap lain, terutama ketika saya sudah unggul di lap pertama," katanya.

    Peristiwa ini telah dianalisa bersama Honda karena Nakagami adalah pambalap lain dari brand Jepang.

    Menurut Marquez, Honda dan dirinya telah menganalisis dengan baik karena dia merasa roda belakang motornya terkunci.

    "Roda belakang telah terkunci, di sisi kanan di mana Fabio menyentuh saya dengan bagian dari sepeda motor Fabio. Ketika roda terkunci, motor menarik ke kiri. Di saat yang sama, saya melambat," tuturnya.

    BACA JUGA: Test Drive Hyundai Ioniq 5, Rasanya Sehari-hari Pakai Mobil Listrik

    Akibat masalah mekanis ini, Marquez mengaku saat ingin ngegas, motornya tidak mau jalan dan saat itulah Nakagami menabraknya.

    "Itu kecelakaan yang sangat berbahaya, namun saya ingin mengklarifikasinya karena tidak pernah dalam hidup saya di tengah lintasan lurus, saya melawan pembalap lain," kata dia.

    Pembalap nomor 93 ini mengaku sudah melihat tayangan insiden dengan Nakagami beberapa kali. Dia melihat Nakagami seperti ingin bergerak ke kiri dengan sengaja.

    "Pertama, dia mitra brand dari Honda; kedua, dia adalah rekan setim yang kami kenal; dan ketiga, dia tidak akan pernah melakukan ini di lintasan lurus dan jelas kurang dari itu di lap pertama karena semua motor ada di belakangnya," kata dia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini