Apa yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Tidak Makan Gula Sama Sekali?

07 November 2018 by
Apa yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Tidak Makan Gula Sama Sekali?

Gula termasuk dalam bahan makanan favorit segala usia. Rasa manisnya bisa dengan mudah melezatkan setiap masakan dan minuman. Namun, dampak kesehatan yang diakibatkan dari konsumsi gula, tidak semanis rasanya. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk tidak lagi makan gula demi menghindari efek buruknya.

Sebenarnya, apa pentingnya gula untuk tubuh?

Tubuh yang sehat membutuhkan asupan gula, tentunya dalam batas yang normal. Tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Pasalnya, setiap sel-sel tubuh membutuhkan gula untuk bekerja. Konsumsi gula dari olahan makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam tubuh ini akan diserap ke dalam aliran darah dan diolah menjadi glukosa.

Selanjutnya, glukosa akan diproses menjadi energi, yang telah diedarkan ke seluruh sel tubuh Anda. Jika asupan gula tidak mencapai kebutuhannya, itu artinya produksi glukosa di dalam tubuh juga tidak akan optimal.

Kondisi ini tentunya akan mengganggu kerja organ-organ dalam tubuh. Bahkan, bisa berujung pada munculnya berbagai komplikasi kesehatan yang serius.

Asupan gula yang rendah bisa berakibat pada hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula di dalam Anda berada di bawah batas normal atau sangat rendah. Kondisi ini terjadi ketika hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas terlalu banyak atau asupan gula yang menurun sehingga kadar gula yang ada di dalam darah sangat sedikit.

Seseorang dikatakan mengalami hipoglikemia jika kadar gula darahnya kurang dari 70 miligram per desiliter (mg/dL), atau 3,9 milimol per liter (mmol/L). Kondisi gula darah yang rendah ini, sebagian besar terjadi pada diabetesi (orang yang menderita diabetes). Tapi tidak menutup kemungkinan, bisa juga menyerang orang yang tidak memiliki diabetes.

Jika hipoglikemia terjadi pada orang yang sebelumnya tidak memiliki tanda dan gejala diabetes, jangan tunda untuk segera mengonsultasikan pada dokter.

Lalu, apa yang akan terjadi pada tubuh jika tidak makan gula sama sekali?

berhenti makan gula

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gula di dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa yang selanjutnya digunakan sebagai energi. Itu sebabnya, ketika Anda tidak sama sekali makan gula maupun olahannya, maka tubuh tidak mendapatkan glukosa yang kemudian akan berujung pada kekurangan produksi energi.

Padahal, asupan gula ini sangat berpengaruh terhadap fungsi normal tubuh, terutama kerja otak. Pasalnya, kerja otak yang merupakan sumber sistem saraf pusat tubuh, sangat mengandalkan ketersediaan glukosa di dalam darah. Singkatnya, glukosa merupakan satu-satunya “bahan bakar” yang mampu mendukung otak agar dapat bekerja secara optimal.

Otak manusia tidak memiliki tempat penyimpanan glukosa sendiri sehingga semua suplai glukosa tergantung pengiriman dari aliran darah tubuh Anda. Sel-sel di otak termasuk salah satu bagian yang memerlukan sumber energi lebih banyak daripada sel-sel lainnya dalam tubuh. Itu sebabnya, kebutuhan glukosa pada otak cenderung lebih besar.

Ketika kebutuhan gula dalam tubuh tidak bisa terpenuhi dengan baik, maka akan memengaruhi kadar glukosa dalam darah berada hingga di bawah rentang normal. Hal ini bisa mengakibatkan otak kehilangan sumber energinya, yang tentunya juga memengaruhi kerja organ-organ tubuh yang lain.

Tidak hanya itu, keputusan untuk tidak makan gula sama sekali juga otomatis membuat tubuh kehilangan energi sehingga Anda akan cenderung merasa lemas, lelah, pusing, atau terlihat pucat. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan pandangan terlihat kabur, gemetar, sulit untuk berkonsentrasi, hilang kesadaran, kejang, dan koma.

Tips konsumsi gula yang aman

Namun, yang mungkin belum Anda tahu, gula tak hanya didapat dari gula pasir. Sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, kacang-kacangan, serta umbi-umbian juga mengandung karbohidrat yang dapat dicerna menjadi gula. Bahkan, sumber kabohidrat ini lebih bermanfaat dibanding gula pasir karena kandungan seratnya memungkinkan penyerapan gula oleh tubuh dilakukan secara perlahan-lahan.

Hasilnya, Anda akan merasa bertenaga lebih lama dibandingkan hanya mengonsumsi makanan manis tinggi gula. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi risiko diabetes akibat mengonsumsi terlalu banyak gula.

Namun tentu saja tak sedikit dari Anda yang belum mampu beralih dari minuman manis menjadi tawar. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan pemanis rendah kalori untuk memaniskan makanan dan minuman Anda. Dengan cara tersebut, Anda dapat tetap menikmati rasa manis tanpa khawatir kelebihan asupan gula, yang tentunya berpotensi bahaya bagi kesehatan Anda.

The post Apa yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Tidak Makan Gula Sama Sekali? appeared first on Hello Sehat.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
920 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Nicko Ardianto 19 November 2018 | 12:35:43

wah gatau juga tuh kalo ga makan gula jadi krnapa

Ika Riska 19 November 2018 | 05:08:45

ternyata jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula akan sangat berbahaya

Thoyee Ml 19 November 2018 | 00:22:02

konsumsi gula itu ada kadar nya,jangan berlebihan

Reni Reni 18 November 2018 | 18:56:53

boleh makan gula tapi jangan terlalu berlebihan

Mang Ari 18 November 2018 | 18:22:01

ternyata jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula akan sangat berbahaya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top