home ×
Digilife

Apakah Fitur Belanja via YouTube akan Segera Hadir?

23 March 2021 By
Apakah Fitur Belanja via YouTube akan Segera Hadir?
Share
Share
Share
Share

Foto: Unsplash

UZone.Id – YouTube selalu menjalankan eksperimen dan pencobaan berbagai fitur menarik bagi platform-nya. Salah satu fitur terbaru yang dikembangkan adalah pendeteksi produk otomatis “Products in this Video”.

Menurut laporan dari 9to5Google, sebuah versi awal dari fitur ini telah dirilis bagi segelintir pengguna YouTube mulai dari pertengahan 2020. Pada 22 Maret, fitur ini mulai diperluas bagi penonton konten di Amerika Serikat menurut YouTube.

Di salah satu blog-nya, perwakilan YouTube memberikan sedikit lebih banyak detail tentang bagaimana fitur khusus ini akan diterapkan.

Baca juga: Twitter Uji Coba Nonton YouTube Langsung dari Twit

“Menguji daftar otomatis produk yang terdeteksi di video: Kami sedang bereksperimen dengan fitur baru yang menampilkan daftar produk yang terdeteksi di beberapa video, serta produk terkait"

"Fitur tersebut akan muncul di antara video yang direkomendasikan, untuk penonton yang menggulir ke bawah pemutar video. Tujuannya adalah untuk membantu orang menjelajahi lebih banyak video dan informasi tentang produk tersebut di YouTube. Fitur ini dapat dilihat oleh orang-orang yang menonton video di AS” tulis YouTube.

Tepat di bawah pemutar video YouTube utama, pengguna dapat melihat daftar produk apa saja yang terkait dengan konten video. Laporan dari 9to5Google percaya bahwa daftar ini dapat muncul seperti iklan spanduk, tetapi dengan elemen yang lebih interaktif.

Namun, alih-alih mengeluarkan pengguna dari YouTube, pengguna akan melihat video dari channel lain berisi produk yang telah terdeteksi sebelumnya.

Rekomendasi ini berfungsi mirip seperti tabel rekomendasi yang ada di sebelah kanan pemutar video YouTube utama.

Jika diperluas lebih jauh, kemampuan untuk mendeteksi produk secara otomatis di dalam YouTube juga akan mirip seperti fitur Shopping pada Instagram. Tentu saja fitur ini akan memberikan aliran pendapatan utama bagi Google.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article