Digilife

Aplikasi untuk Percantik Foto Produk UMKM

  • 19 October 2021
  • Bagikan :
    Aplikasi untuk Percantik Foto Produk UMKM

     

    Uzone.id - Aplikasi editing mobile atau yang bisa diunduh di smartphone merupakan salah satu kunci untuk bisa mempercantik foto produk jualan UMKM. Tanpa foto, ibaratnya, konsumen akan 'membeli kucing dalam karung'. Makanya, foto produk sangat penting.

    Nah, untuk membuat foto produk yang cantik, dibutuhkan beberapa aplikasi yang bisa saling bahu membahu. Semua aplikasi editing ini memiliki kelebihannya masing-masing. Namun yang penting, menurut pelatih fotografi UMKM, Meyani Kristina Ningrum, pencahayaan dan angle harus diperhatikan, selain proses editing.

    Baca juga: 4 Kelebihan Foto Produk UMKM Pakai Smartphone

    Berikut ini beberapa aplikasi edit foto produk UMKM yang bisa diandalkan.

    Meyani Ilustrasi

    1. Lightroom Mobile
    Lightroom merupakan aplikasi yang dibuat oleh Adobe, jagonya foto editing. Di sini semua orang bisa menggunakannya, baik dari PC maupun smartphone. Nah, lightroom mobile bisa kamu andalkan untuk mengedit foto produk langsung dari smartphone. Lightroom mendukung format file RAW dan bisa disimpan di dalam Cloud, jadi tak perlu perangkat dengan memori besar untuk menampungnya. Yang dibutuhkan dari Lightroom adalah fitur preset yang bisa dikustom. Jadi fotonya bisa memiliki karakter yang senada.

    2. Canva
    Ini merupakan aplikasi yang membuat semua orang bisa menjadi seorang desain grafis tanpa perlu keahlian khusus. Hampir semua pemilik UMKM mengandalkan Canva karena bisa diakses melalui laptop atau smartphone. Semua sudah menjadi template jadi pengguna tinggal pasang copot foto saja. Bingkai foto merupakan yang paling menarik bagi UMKM di Canva.

    3. Remove.bg
    Yang satu ini bisa didownload gratis di smartphone, atau bisa juga menggunakan langsung dari laptop. Tinggal masukkan foto yang latar belakangnya ingin dihilangkan. Kemudian klik remove background. Voila! background foto pun menghilang dan bisa diganti dengan latar lainnya.

    4. InCollage
    Aplikasi ini bisa diandalkan untuk membuat kolase foto. Kamu tinggal pilih foto-foto yang ingin ditampilkan dalam satu frame. Kemudian masukkan ke aplikasi. Secara otomatis, foto-foto tersebut akan menjadi satu tampilan. Tinggal pilih frame dan bentuk kolase yang diinginkan. Saran kami, jangan terlalu banyak foto dalam satu kolase, produknya bisa tidak terlihat.

    5. Snapseed
    Snapseed merupakan aplikasi edit foto buatan Google. Semua bisa diakses gratis oleh siapa saja. Di sini para pemilik UMKM bisa menghapus background, mengubah pencahayaan yang diinginkan, dan semua editing lainnya yang tersedia lengkap di sini.

    Baca juga: 4 Tips Foto Produk Pakai Smartphone, untuk UMKM

    Untuk melakukan edit foto, ada juga aplikasi buatan brand smartphone. Seperti OPPO yang memiliki Soloop dan bisa digunakan di smartphone buatan mereka, salah satunya di OPPO A16.

    OPPO A16 dilengkapi baterai 5000mAh menawarkan waktu penggunaan seharian penuh tanpa isi ulang daya. Dengan 100 persen baterai, pengguna bisa mendapatkan 34 jam waktu panggilan, atau 21,02 jam pemutaran video Youtube berkelanjutan.

    Kamera yang diusung OPPO A16 terdiri dari tiga kamera di bodi belakang dengan resolusi 13MP, 2MP dan 2MP. Sedangkan kamera depan dibekali resolusi 8MP.

    Selain itu demi menjaga keselamatan pengguna OPPO memberikan serangkaian perlindungan termasuk perlindungan overcharge dan over-discharge, perlindungan ini menjaga agar tidak terjadi pengisian daya dengan arus berlebihan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini