Gadget

Apple Diminta Tolong Buka Password iPhone Pembunuh

  • 08 January 2020
  • Bagikan :
    Apple Diminta Tolong Buka Password iPhone Pembunuh

    Ilustrasi iPhone (Uzone.id)


    Uzone.id - FBI baru-baru ini meminta Apple untuk membantu membuka password sepasang iPhone milik Mohammed Saeed Alshamrani, pria yang dituduh membunuh tiga orang ketika penembakan massal di pangkalan Angkatan Laut di Pensacola, Florida bulan lalu.

    Sebenarnya FBI diberikan izin untuk mencari konten iPhone yang disita, tetapi mereka tidak dapat melewati layar kunci. Akibatnya, FBI mengirim surat kepada penasihat umum pengadilan dan Apple meminta perusahaan untuk memberikan bantuan.

    Apa yang terjadi sekarang bukan yang pertama kalinya terjadi, karena situasi yang sama terjadi beberapa tahun yang lalu.

    Baca juga: ihone 4 Milik Reynhard Sinaga Simpan 800 Video Pemerkosaan

    Kembali pada tahun 2016, Apple terlibat dalam perselisihan yang sangat panas dan publik dengan FBI mengenai iPhone 5c milik salah satu teroris yang terlibat dalam serangan tahun 2015 di San Bernardino.

    Pada saat itu, FBI menuntut Apple membuat versi custom iOS yang akan memungkinkan mereka untuk menebak kode sandi perangkat tanpa memulai penghapusan sistem setelah 10 upaya gagal.

    Baca juga: Apple Bakal Luncurkan iPhone SE 2 Versi?

    Apple, tentu saja, menolak dengan alasan bahwa hal itu akan menciptakan sejumlah masalah privasi dan keamanan.

    Pada akhirnya, FBI berhasil mengakses perangkat melalui solusi pihak ketiga.

    Mengenai kasus yang dihadapi, Apple dalam pernyataan yang diberikan kepada NBC News mengatakan hal berikut:

    “Kami sangat menghormati penegakan hukum dan selalu bekerja sama untuk membantu dalam penyelidikan mereka. Ketika FBI meminta informasi dari kami terkait dengan kasus ini sebulan yang lalu, kami memberi mereka semua data yang kami miliki dan kami akan terus mendukung mereka dengan data yang kami miliki,”

    Dengan kata lain, Apple bersedia membantu karena berkaitan dengan data yang mungkin dimiliki Alshamrani di akun iCloud yang disimpannya, tetapi tidak akan mempertimbangkan untuk membuat solusi perangkat lunak untuk membantu memecahkan password iPhone.

    Di luar Apple, laporan itu menambahkan bahwa FBI juga mencari bantuan dari pihak lain, termasuk agen pemerintah lainnya dan perusahaan keamanan luar.


    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini