home ×
Gadget

Apple MacBook dengan Prosesor Sendiri Meluncur November?

13 October 2020 By
Apple MacBook dengan Prosesor Sendiri Meluncur November?
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Rumor beredar jika Apple akan meluncurkan Macbook dengan basis prosesor ARM pada bulan November tahun ini. Awalnya dipercaya jika Macbook ARM ini akan meluncur bersamaan dengan Apple Event 13 Oktober nanti, tapi ternyata banyak petunjuk yang mengarahkan ke November.

Dilansir melalui TechRadar, Selasa, 13 Oktober 2020, rumor ini berawal dari laporan Bloomberg yang ditulis Mark Gurman. Dia memang kerap menghembuskan rumor Apple yang mendekati kebenarannya. MacRumors juga meyakini hal ini dan dipastikan jika perangkat berbasis ARM itu akan ditujukan pada MacBook.

Namun belum jelas seri laptop Mac mana yang akan dilengkapi dengan prosesor ARM. Entah MacBook Pro, Air atau mungkin vanilla MacBook 12 inci. Atau bisa juga dibuat kombinasi prosesor yang berbeda di setiap serinya.

Baca juga: Apple Bakal Pakai Prosesor ARM di MacBook

Sebelumnya memang tersiap kabar jika Apple akan mencoba menggunakan prosessor ARM untuk pertama kalinya di MacBook. Namun kala itu, prediksi Apple MacBook ARM akan meluncur pada pertengahan tahun pertama 2021.

MacBook baru dengan basis prosesor Intel itu telah disiapkan Apple dan diperkirakan akan tersedia 12 sampai 18 bulan dari sekarang. Demikian bocoran yang diberikan analis Apple, Miing-Chi Kuo, seperti dikutip dari LaptopMag.

Sejatinya, banyak orang yang sudah memprediksi hal ini. Apple telah lama diharapkan untuk memutuskan ketergantungannya pada Intel. Tapi para analis berharap Apple bisa menciptakan prosesor sendiri untuk MacBook-nya.

Baca juga: Q3 2020, Pengapalan Komputer Global Capai 79 Juta Unit

Yang menjadi alasan mendasar, kata Kuo, sebenarnya adalah wabah virus corona yang telah memunculkan masalah pada beberapa perusahaan teknologi yang membuat produk mereka di China, termasuk Apple. Inilah yang membuat Apple bersemangat untuk membuat chip sendiri.

Dengan memproduksi chip sendiri, Apple bisa mengurangi ketergantungannya pada pihak ketiga untuk memproduksi perangkat. Apalagi Intel sekarang sedang dirundung masalah terkait chip buatannya. Sampai-sampai Tim Cook menyalahkan Intel atas menurunnya jumlah penjualan MacBook.

Lagipula, dengan memiliki chip sendiri, Apple dipastikan akan memiliki kendali lebih terhadap produk-produknya. Memungkinkan Mac, iPhone dan iPad lebih bisa terintegrasi bersama.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article