icon-category Digilife

Apple ‘Nyerah' Juga, Ikuti Jejak Google dkk PHK Karyawan

  • 04 Apr 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id — Ketika banyak raksasa teknologi melakukan pemangkasan karyawan, Apple jadi satu dari sedikit perusahaan yang tidak ikut tren PHK massal. 

Bahkan dari beberapa laporan, Apple akan melakukan apapun untuk menghindari pemangkasan karyawan full time mereka, termasuk memotong biaya perusahaan.

Namun, usaha tersebut ternyata tidak membuat Apple terhindar dari tren PHK karyawan. Dilansir dari The Verge, Selasa, (04/04), Apple dikabarkan memangkas beberapa karyawan dalam jumlah kecil.

Pemangkasan ini dilakukan di divisi pembangunan dan pemeliharaan toko ritel. Karyawan yang terdampak diberi waktu untuk melamar ke posisi lain di perusahaan yang sama jika ingin tetap bekerja di Apple.

Bagi mereka yang tidak ingin bertahan, Apple akan memberikan pesangon hingga 4 bulan gaji.

PHK karyawan full time ini jadi putaran PHK pertama bagi Apple, terlebih setelah Apple melakukan penghematan besar-besaran.

Diketahui, Apple telah memangkas biaya dengan cara lain, seperti memberhentikan kontraktor, memperlambat perekrutan, mengurangi anggaran perjalanan dinas, penundaan proyek hingga penundaan bonus karyawan.

Walaupun Apple tak terhindar dari tren PHK, pemangkasan perusahaan Tim Cook tersebut bisa dibilang tidak terlalu parah dibanding perusahaan lainnya, dimana raksasa teknologi lain sudah memangkas puluhan ribu karyawan dalam kurun waktu 2 tahun.

Amazon telah memangkas 27 ribu karyawan, disusul Meta dengan 21 ribu dan Google dengan 12 ribu karyawan. Pemangkasan ini diperkirakan akan terus berlanjut dalam putaran-putaran ‘efisiensi’ selanjutnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini