Gadget

Apple Rilis MacBook Pro Baru, Pakai Chip M1 Pro dan Max

  • 19 October 2021
  • Bagikan :
    Apple Rilis MacBook Pro Baru, Pakai Chip M1 Pro dan Max

    Foto: Apple

    Uzone.id -- Apple kembali menggelar acara besarnya secara virtual pada Selasa dini hari ini (19/10). Perusahaan pimpinan Tim Cook ini memperkenalkan MacBook Pro baru sesuai rumor yang telah beredar.

    Lini MacBook Pro baru ini dibarengi dengan pengumuman hadirnya chip baru buatan Apple yang diberi nama M1 Pro dan M1 Max. Yup, prosesor anyar ini menjadi angota baru dari Apple Silicon M1.

    Dari apa yang dijelaskan SVP Hardware Technologies Apple, Johny Srouji, chip M1 Pro dan M1 Max ini menawarkan performa terbaik yang pernah ada di industri laptop dunia.

    “Kecepatan prosesor M1 Pro mencapai 200GB per detik untuk memory bandwidthnya, tiga kali lipatnya M1. Pabrikannya 5nm, serta 33,7 miliar transistor dan 32GB unified memory. CPU yang dibawanya ini 10-core dan disandingkan dengan 16-core GPU,” ungkap Srouji di acara peluncuran tersebut.

    Ia menyambung, “sementara untuk chip M1 Max, memory bandwidth yang ia usung mencapai 400GB per detik, 64GB unified memory, 57 miliar transistor, serta 10-core CPU dan 32-core GPU.”

    Baca juga: Apple Hapus Aplikasi Quran, Perintah dari China

    Dengan prosesor yang serba baru, Apple kemudian memamerkan dua varian MacBook Pro sesuai ukuran layarnya, yaitu 14,2 inci dan 16,2 inci.

    MacBook Pro 14,2 inci memiliki ketebalan 15,5mm dengan bobot 1,5 kilogram, sedangkan MacBook pro 16,2 inci ketebalannya 16,8mm dan bobotnya 2,1 kilogram.

    Bagi fanboy Apple yang menantikan perubahan desain, terutama pada keyboard, keinginan kalian terkabul. Apple akhirnya menyingkirkan Touch Bar dan menggantikannya dengan keyboard biasa untuk function keys.

    “Kami mengedepankan konektivitas melalui penambahan port sambungan lebih banyak lagi. Ada port HDMI agar kalian bisa menyambungkan laptop ini ke smart TV dan layar lain, port SD card, USB 2.0, audio jack 3,5mm, 2 thunderbolt, serta colokan ke MagSafe. Iya, kami mengembalikan MagSafe ke MacBook Pro,” tutur Mac Product Line Head, Shruti Haldea pada kesempatan yang sama.

    Dari spesifikasi dan tampilannya, kedua varian MacBook Pro ini dibekali desain bezel lebih tipis 24 persen di bagian sisi kanan dan kiri serta 60 persen lebih ramping di bagian atas. Ukuran bezelnya sekitar 3,5mm agar fungsi layarnya lebih maksimal.

    Foto: Apple

     

    Berbicara layar, MacBook Pro ini sama-sama menggunakan panel Liquid Retina XDR dan miniLED backlit dengan tingkat kecerahan mencapai 1.000 nits dan refresh rate 120Hz.

    “Teknologi layar yang kami bawa ini akan memudahkan para pekerja kreatif agar bisa mengolah konten HDR mereka. Menurut kami, MacBook Pro baru ini dapat menghidupkan konten berformat HDR lebih baik lagi karena warnanya lebih menyala dan jelas,” imbuh VP Production Design Apple, Kate Bergeron.

    Sementara itu, MacBook Pro baru ini dilengkapi webcam 1080p yang dianggap dapat meningkatkan pengalaman FaceTime dan aktivitas video call lainnya berkat sistem low-light yang telah ditingkatkan untuk menajamkan gambar dan memberi sentuhan warna kulit lebih alami.

    Baca juga: Menanti Apple Pakai Layar OLED

    Uniknya, tampilan pada layar MacBook Pro seakan menggunakan konsep notch untuk menaungi kamera webcam laptop, namun ukurannya masih wajar, tidak terlampau lebar seperti halnya iPhone.

    Memiliki tiga susunan audio, MacBook Pro Apple diklaim menjadi perangkat yang cocok bagi pegiat karya 3D dalam mengerjakan gambar geometris, karena laptop ini mendukung 30 stream kualitas 4K dan tujuh stream kualitas 8K.

    Urusan baterai, Bergeron mengatakan kalau MacBook Pro 14,2 inci dapat bertahan dipakai selama 17 jam menonton video. Sedangkan MacBook Pro 16,2 inci dapat dipakai selama 21 jam untuk streaming video.

    Soal harga, Apple membanderol MacBook Pro 14,2 inci mulai USD1.999 atau setara Rp28,2 juta. Sementara MacBook Pro 16,2 inci harganya mulai USD2.499 atau sekitar Rp35,3 juta.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini