home ×
Digilife

Apple Seharusnya Beli Mesin Pencari Sendiri Sebelum Terlambat

09 June 2020 By
Apple Seharusnya Beli Mesin Pencari Sendiri Sebelum Terlambat
Share
Share
Share

Uzone.id - Menurut analis dari Bernoni, Toni Sacconaghi, Apple menerima sekitar USD 8 miliar per tahun hanya supaya Google dapat menjadi mesin pencari default pada perangkat iOS seperti iPhone.

Nilai USD 8 miliar yang diberikan Google ke Apple tergolong kecil, sebab mereka mendaptkan pendapatan iklan sebanyak USD25 miliar per tahun dari iOS.

Dengan cara Google membayar sejumlah besar uang kepada Apple untuk menjadi mesin pencari default di iPhone. Seharusnya membuat perusahaan asal Cupertino itu justru sadar untuk segera membeli mesin pencari, sebelum semuanya terlambat.

Sacconaghi, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (9/6), mengatakan bahwa alasan mengapa Google membayar begitu banyak kepada Apple adalah ketakutan bahwa jika Google tidak membayar jumlah yang diminta Apple, Microsoft akan melakukannya.

Dan tentu saja, akan menjadikan Bing mesin pencari default baru di iPhone.

Baca juga: iPhone X Diretas, Kakak Pablo Escobar Tuntut Apple Rp36 Triliun

Anggaplah Apple mau menerima sejumlah uang yang lebih besar dari Microsoft untuk mengganti Google dengan Bing. Namun, bukan tidak mungkin pemilik Bing berubah pikiran dan tak menjadi mesin pencari sebagai prioritas.

Amsyong lah Apple, karena Google yang ‘ditendang’ akan memberikan penawaran lebih rendah.

Saat ini skenario yang terbaik adalah Apple bergantung pada Apple, atau mereka harus membeli mesin pencari sendiri, sebelum terlambat.

Sacconaghi mengatakan bahwa Apple dapat membeli "polis asuransi" yang murah terhadap skenario seperti ini terjadi dengan membeli mesin pencari sendiri.

Salah satu pilihannya, Apple bisa membeli DuckDuckGo. Dengan pangsa 1,35 persen dari pasar pencarian AS pada bulan lalu-dibandingkan dengan 88,16 persen untuk Google dan 6,51 persen untuk Bing, memiliki Duck Duck Go dapat membuat Google khawatir tentang kehilangan pendapatan USD 25 miliar yang berasal dari pencarian di iOS.

Baca juga: Produk Apple Hasil Jarahan Tak Bisa Dipakai atau Digadaikan

Sacconaghi mengatakan bahwa pembelian semacam itu dapat dilakukan oleh Apple dengan harga kurang dari USD 1 miliar. Duit yang gak terlalu besar bagi perusahaan.

Duck Duck Go, juga punya rekam jejak yang baik dengan jumlah pengguna yang sudah melakukan 61,75 juta pencarian pada Mei 2020.  Dan informasi pribadi pengguna tidak dibagikan ke pihak ketiga.

Jadi, dengan harga murah dan potensi pundi uang yang berlimpah. Jadi tunggu apa lagi, Apple?


Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
andreanyp 09 June 2020 | 22:23:16

kalo semua dari apple bakal keren sih mandiri banget tuh

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id