icon-category Gadget

Apple Watch Series 9 Dirilis, Makin Powerful dan Dukung Double Tap

Uzone.id - Apple Watch Series 9 tak membawa banyak peningkatan desain dibanding generasi sebelumnya, tapi perangkat ini terasa begitu spesial bagi Apple. Bagaimana tidak, Apple Watch Series 9 menjadi produk pertama Apple yang sepenuhnya mencapai carbon neutral.

“Apple Watch Series 9 jadi produk pertama Apple yang sudah mencapai 100 persen carbon neutral,” klaim Lisa Jackson, VP Environment, Policy and Social Initiatives Apple.

Lisa mengatakan, capaian ini menjadi tonggak penting menuju rencana Apple di tahun 2030, dimana perusahaan ingin seluruh produk, rantai pasokan, dan manufaktur sudah sepenuhnya carbon neutral.

Apple Watch Series 9 masih mengusung desain yang kurang lebih sama dengan dua ukuran bingkai, yakni 41mm dan 45mm. Tapi ada yang beda pada layarnya, karena Apple menyematkan panel layar yang jauh lebih terang dari Apple Watch Series 8.

Deidre Caldbeck, Director of Apple Watch Product Marketing mengatakan, Apple Watch Series 9 mengusung layar Retina Display dengan intensitas cahaya mencapai 2.000 nits, dua kali lebih terang dari seri sebelumnya.

“Layar ini bisa turun serendah 1 nits bila digunakan di malam hari,” klaim Deidre.

alt-img

Bicara soal dapur pacunya, jam tangan pintar Apple ditenagai prosesor Apple S9 system in package (iP) dengan jumlah transistor 60 persen lebih banyak dari Apple S8. Performanya 30 persen lebih tinggi, ditambah dengan watchOS 10 yang memberikan experience lebih mulus kepada pengguna.

Berkat kecepatan yang ditawarkan, chipset ini memungkinkan asisten berbasis artificial intelligence (AI) Siri untuk memproses segala permintaan pengguna di perangkat secara langsung, bukan melalui sistem cloud.

All new S9 SiP adalah chipset paling powerful untuk smartwatch. Dengan machine learning yang lebih cepat dari sebelumnya, membuat Siri akan selalu terhubung ke pengguna sepanjang waktu. Responnya jadi lebih cepat,” jelas Deidre.

Masih soal hardware, Apple menyertakan chip ultra wideband generasi kedua untuk Watch Series 9. Dengan teknologi ini, pengguna bisa mencari iPhone mereka dengan lokasi yang lebih presisi.

Sejumlah fitur diberikan, tapi yang paling menarik adalah fitur kontrol baru bernama Double Tap. COO Apple, Jeff Williams menyebut, Double Tap jadi solusi baru bagi pengguna untuk mengontrol jam tangan pintar mereka.

Caranya gampang, tinggal buat sentuhan antara jari telunjuk dan jempol, maka pengguna bisa melakukan berbagai aksi, seperti membuat atau menerima panggilan telepon, mematikan alarm, mengontrol widget, dan sebagainya.

“Ini semua bisa dilakukan berkat gyroscope, accelerometer, dan tentu saja chip S9 SiP yang terbaru,” katanya. 

alt-img

Apple Watch Series 9 hadir dalam dua varian material, yakni aluminium dan stainless steel. Untuk warna, ada Starlight, Midnight, Silver, Product (Red), dan Pink untuk model dengan casing aluminium, serta SIlver, Gold, dan Graphite untuk stainless steel.

Apple juga mengumumkan kehadiran material FineWoven untuk strap Apple Watch Series 9. Strap ini menggantikan bahan dasar kulit yang dihapus oleh Apple untuk mengurangi jejak karbon pada perangkatnya.

Apple Watch Series 9 sudah bisa dipesan di beberapa negara mulai hari ini (13/9), dan akan tersedia di toko pada 22 September mendatang. Untuk harga, Apple Watch Series 9 dibanderol mulai USD399 atau Rp6,1 jutaan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini