icon-category Technology

Arkeolog Temukan Ramuan Keabadian di Makam Kuno, Akankah Manusia Bisa Hidup Abadi?

  • 17 Mar 2019 WIB
  • Bagikan :

    Memiliki umur yang panjang merupakan obsesi dari kebanyakan orang. Kalau bisa, mereka hidup abadi dan tetap mengalami berbagai perubahan zaman. Bahkan, segelintir miliuner dunia telah menanamkan investasi jutaan dollar supaya dirinya bisa awet muda atau hidup abadi.

    Caranya bisa dengan menciptakan obat-obatan atau dengan mentransfer pikiran ke dalam sebuah kecerdasan buatan. Nah, buat kamu yang juga ingin ikutan hidup abadi, ada kabar baik nih.

    Para peneliti di China telah berhasil menemukan cairan misterius yang berasal dari dalam pot perunggu kuno berusia ribuan tahun. Cairan itu merupakan ramuan terkenal dalam legenda China yang selama ini terkubur.

    Arkeolog mengatakan bahwa cairan berwarna kekuningan itu ditemukan pada penggalian di Provinsi Henan, China. Menurut mereka, nenek moyan zaman dulu meyakini kalau cairan itu merupakan ramuan keabadian. Ramuan ini bisa membuat orang yang meminumnya menjadi hidup abadi.

    Ini adalah pertama kalinya mitos 'obat keabadian' ditemukan di Cina," kata kepala Institut Relik Budaya dan Arkeologi, Shi Jiazhen.

    Candi berisi ramuan keabadian
    twitter.com

    Menurut Shi, cairan ini punya nilai yang signifikan untuk studi pemikiran China kuno tentang mencapai keabadian dan evolusi peradaban China. Pot perunggu berisi cairan abadi itu diperkirakan berasal dari Dinasti Han (sekitar 202 SM sampai 8 Masehi).

    Selain pot tersebut, arkeolog juga menemukan artefak kuno lain, misalnya pot tanah liat yang telah dicat, lampu berbentuk angsa, dan berbagai peninggalan lainnya.

    Untuk memastikan bahwa ramuan ini bisa memperpanjang hidup seseorang, arkeolog melakukan tes pengujian di laboratorium. Analisa lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi jenis cairan kuno yang berbau anggur tersebut.

    Bisa saja dugaan mereka salah dan ternyata ramuan itu merupakan racun kuat yang menghabisi nyawa orang yang meminumnya dalam sekejap mata.

    Ramuan abadi
    www.kidsnews.com.au

    Nah, hasil uji lab menunjukkan kalau cairan itu bukanlah anggur, meskipun aromanya terasa seperti itu. Cairan ini terdiri dari campuran kalium nitrat dan alunite.

    Ini adalah campuran elixir yang konon katanya bisa memberikan umur panjang atau keabadian kepada orang yang meminumnya. Kepercayaan China Kuno meyakini kalau elixir merupakan campuran dari emas, batu giok, merkuri, arsenik, dan banyak mineral beracun lainnya.

    Namun, efeknya masih belum dipastikan karena belum ada orang yang berani meminum cairan tersebut. Apalagi, menurut badan penelitiatn China, mengonsumsi kalium nitrat bisa berakibat fatal, yaitu kehilangan nyawa.

    Ilustrasi pembuatan ramuan
    www.kidsnews.com.au

    Apakah kamu tertarik menjadi salah satu sukarelawan untuk mencoba ramuan tersebut? High risk high return. Kalau ramuan ini adalah elixir kuno, maka kamu akan hidup abadi. Kalau tidak, kamu juga akan tetap hidup abadi, tapi di alam lain. Gimana?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini