home ×
Digilife

Artificial Intelligence Bikin Deteksi Kanker Payudara Lebih Akurat

02 January 2020 By
Artificial Intelligence Bikin Deteksi Kanker Payudara Lebih Akurat
Share
Share
Share
Share

(Foto: Pixelfit - Newscientist)

Uzone.id - Teknologi Artificial Intelligence dipercaya bisa memprediksi pola dan aktivitas pada tubuh manusia. Yang terbaru, sistem AI dikabarkan bisa memprediksi apakah tubuh manusia berpotensi terkena kanker atau tidak.

Dilansir melalui Newscientist, Kamis, 2 Januari 2020, AI diklaim bisa memberikan prediksi yang lebih baik ketimbang diagnosa radiologi. Klaim ini muncul setelah dilakukan penelitian kerja sama Inggris dan Amerika, diinisiasi oleh Google Health.

“Studi yang kami lakukan diharapkan bisa membuka jalan untuk mencari solusi yang lebih baik guna mengatasi kanker,” ujar Dominic King dari Google Health.

Dalam penelitian tersebut, Shravya Shetty dari Google Health dan rekan-rekannya melatih sistem AI pada 91.000 mammogram yang diambil dari wanita di Inggris dan AS. Saat dibandingkan hasil prediksi AI dengan pendapat ahli radiologi, ternyata sistem AI memberikan hasil yang lebih akurat.

 Baca juga: Tips Charging Baterai Supaya Gak Cepat Rusak

Pengetesan pun dilanjutkan dengan membandingkan AI bersama enam ahli radiologi yang bekerja secara individual. AI memberikan hasil 11,5 persen lebih baik ketimbang ahli radiologi, walaupun mereka diberikan riwayat pasien dan kesehatan keluarga.

“Namun jika dibandingkan dengan hasil diagnosa dari dua ahli radiologi yang bekerja sama, hasil prediksi AI tidak jauh lebih baik. Namun hasil dari penelitian ini terkait keterlibatan AI dalam diagnosa kanker, sepertinya cukup menjanjikan di masa depan,” ujar Adam Brentnall dari Queen Mary University, London.

Ditambahkan Dominic, setidaknya sistem AI bisa memberikan pendapat alternatif tanpa mewajibkan pasien harus keluar biaya lagi untuk berkonsultasi dengan ahli radiologi yang lain sebagai second opinion.

Sebelumnya, Google Health juga pernah melakukan penelitian serupa melibatkan AI untuk mendeteksi kanker paru-paru. Mereka juga akan melakukan penelitian yang sama untuk kemungkinan AI bisa mendeteksi penyakit lainnya.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
ALI YUSUF 16 January 2020 | 13:09:27

mantap buat prediksi keren kalau pencegahan bisa ngga

Miskin aman 16 January 2020 | 07:15:04

hebat juga nih pasti akan sangat berguna sekali

Ids Osd 14 January 2020 | 00:52:01

mantap pendeteksi nya keren, buat pencegahan bisa gak.

Deri Reza Pahlawan 04 January 2020 | 08:46:05

mantap pendeteksi nya keren, buat pencegahan bisa gak.

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article