home ×
Telco

ASIOTI Silaturahmi ke Telkom, Ajak Kolaborasi IoT Makers Creation 2021

08 March 2021 By
ASIOTI Silaturahmi ke Telkom, Ajak Kolaborasi IoT Makers Creation 2021
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) menyambangi PT Telkom Indonesia untuk mengajak membentuk ekosistem IoT di Indonesia. Dalam pertemuan secara daring yang dilakukan hari ini, Kamis, 4 Maret 2021, Sekjen Bidang Promosi ASIOTI Didi Setiadi juga memperkenalkan organisasi, termasuk rencana untuk membuat IoT Makers Creation yang ketiga kalinya.

Didi menyatakan bahwa ASIOTI terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sejak tahun 1990, berdasarkan Akta Pendirian nomor 4 tanggal 18 April 2019. ASIOTI sendiri berawal dari komunitas penggiat IoT yang tergabung dalam komunitas Indonesia IoT Forum sejak 2015, didukung oleh Kementerian Perindustrian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Komunitas kita ini sudah lumayan banyak yang dari kategori perusahaan, individu, dan akademisi, penyedia hardware dan software, dan regulator. Di situ juga ada unsur government, terutama dari Kominfo,” ujar Didi.

Baca juga: ASIOTI Sambangi Telkom, Ajar Perkuat Ekosistem IoT di Indonesia

ASIOTI disebutnya hadir untuk membentuk dan mengembangkan ekosistem IoT beserta industrinya. Didi menyatakan bahwa untuk industri, ASIOTI butuh melakukan bersama-sama dengan Telkom.

“Kemudian info lain di 2021 ini, kita juga ada program tahunan, mungkin ini yang ketiga. Namanya IoT Makers Creation, mudah-mudahan Telkom dengan Antares, Telkom dengan Tim AI bisa sama-sama memeriahkan kegiatan itu. Itu yang sedang kita jajaki,” ujar Didi.

IoT Makers Creation merupakan bentuk kegiatan pengembangan ekosistem IoT. Program yang dimulai sejak tahun 2019 ini merupakan pencarian makers lokal di bidang IoT.

Sebagai informasi, Antares sendiri merupakan produk dan layanan Internet of Things (IoT) di bawah naungan Telkom (Telkom IoT). Antares masuk dalam salah satu dari empat pilar utama Telkom IoT, yaitu IoT Platform. Tiga lainnya adalah IoT Connectivity, IoT Solution, dan Devices.

Untuk urusan IoT, Telkom sendiri saat ini sedang berfokus pada portfolio teknologi tersebut. Berbagai industri dan bidang yang berpotensi untuk didigitalisasi lewat IoT telah menjadi sorotan Telkom.

Baca juga: IoT Telkom Didukung Teknologi LoRa WAN

Diketahui, Telkom memang memiliki solusi IoT yang handal dan superlengkap, terutama untuk industri. Kehandalan IoT Telkom sendiri didapat berkat adanya backbone internet untuk basic penyediaan IoT, Telkom memang sudah menjadi jagoannya. Bagaimana tidak. Sampai saat ini, Telkom telah memiliki 165.879 kilometer fiber optik dari Sabang sampai Merauke. Jarak ini setara dengan 4 kali keliling bumi. Jaringan FO ini telah menghubungkan  496 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Telkom Group memiliki berbagai solusi layanan IoT yang dapat diterapkan di berbagai industri, mulai dari layer device, network, platform dan service, serta platform big data analytic untuk solusi end-to-end customer experience. Untuk layer network, salah satunya adalah teknologi LoRa (Long Range) yang merupakan teknologi transmisi data jarak jauh, hemat baterai untuk IoT di frekuensi 920-923 MHz. 

IoT Makers Creations merupakan kompetisi yang mencari talenta-talenta teknologi pencipta solusi IoT untuk membantu mengatasi permasalahan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article