home ×
News

Asteroid Setinggi 8 Monas Bakal Melintas dan Nyaris Hantam Bumi

20 January 2018 By
Asteroid Setinggi 8 Monas Bakal Melintas dan Nyaris Hantam Bumi
Share
Share
Share
Share

Sebuah asteroid berukuran delapan kali tingginya Monumen Nasional bakal menuju planet Bumi pada 4 Februari mendatang. Walau asteroid bernama 2002 AJ149 itu mengarah ke planet kita, namun menurut perhitungan asteroid itu akan meleset dengan jarak 4,18 juta kilometer dari permukaan Bumi.

Dilansir The Indian Express, asteroid raksasa ini memiliki panjang sekitar 1,1 kilometer, sama dengan menumpuk delapan Monas dalam satu garis lurus. Monas sendiri diketahui memiliki tinggi 132 meter.

Asteroid itu diperkirakan akan melintasi Bumi dengan kecepatan sekitar 107,826 kilometer per jam.

Asteroid sendiri adalah benda angkasa yang lebih kecil dari planet. Biasanya asteroid memiliki bentuk yang unik dan tidak memiliki orbit pasti.

Di tata surya kita, kebanyakan asteroid berasal dari sabuk asteroid yang terletak di antara Mars dan Jupiter.

Sebenarnya, NASA mengklasifikasi objek ini 'berpotensi berbahaya' dan memberikan label 'objek dekat Bumi'. Namun, sebelum panik karena khawatir ditabrak asteroid, sebaiknya kita memahami jarak meleset asteroid tersebut.

Jarak antara Bumi dan Bulan adalah sekitar 384,400 kilometer. Sementara jarak antara Bumi dan asteroid tersebut adalah sekitar 4,18 juta kilometer. Sebagai perbandingan lain, jarak antara Bumi dan Mars pada titik terdekatnya adalah 54,6 juta kilometer.

Tapi kita pasti bertanya-tanya, bagaimana jika asteroid ini benar-benar menabrak Bumi?

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2016, jika benar Bumi ditabrak oleh astroid sepanjang satu kilometer, hal tersebut dapat membuat temperatur global menurun sekitar delapan celcius.

NASA sendiri tengah menyiapkan sebuah rencana untuk membuat sebuah pesawat luar angkasa seukuran kulkas yang akan digunakan untuk mencegah asteroid menabrak Bumi. Rencana yang dinamai Double Asteroid Redirection Test (DART) itu akan menggunakan tenaga kinetik untuk mengubah arah dari asteroid agar tidak menghantam Bumi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id