icon-category Gadget

Asus ROG Ally Punya Masalah Termal, Cacat Desain?

Uzone.id - Asus ROG Ally ternyata punya masalah termal yang menyebabkan slot microSD reader tak berfungsi dengan baik. Gangguan ini dialami oleh sejumlah gamer, dan dikonfirmasi oleh Asus sendiri.

Perwakilan Asus Global pun menjawab berbagai keluhan tersebut, Lewat Discord, Whitson Gordon sebagai Community Manager Asus ROG mengatakan, malfungsi pada pembaca microSD disebabkan oleh panas yang berlebih pada perangkat.

“Setelah konfirmasi dari pengujian internal, dalam kondisi tekanan termal tertentu, pembaca microSD mungkin tidak berfungsi,” jelasnya, dikutip dari Tom's Hardware.

Masalah ini membuat microSD yang dipasang tidak bisa dibaca oleh Asus ROG Ally. Parahnya, sejumlah gamer melaporkan, overheat pada konsol ini bisa membuat microSD mereka tak bisa digunakan lagi.

Kendati begitu, sejumlah pengguna menemukan solusi sementara terkait masalah microSD reader ini. Dilansir dari PC Gamer, mereka mengaktifkan fitur Core Isolation di pengaturan Windows Security agar microSD reader dapat berfungsi kembali.

Tapi, Asus menyatakan bahwa mereka sedang menyiapkan update software untuk mengatasi masalah ini ke depannya. Update OS yang dirilis pabrikan asal Taiwan tersebut akan mengubah kecepatan default dan minimum dari kipas pendingin.

"Untuk mengatasinya, kami akan merilis update yang mengubah kecepatan default dan minimum dari fan di perangkat untuk meningkatkan keandalan sekaligus menjaga tingkat noise," tulis Whitson.

Namun bagi gamer yang kadung mengalami masalah pada Asus ROG Ally mereka, mereka disarankan untuk menghubungi customer service Asus untuk melakukan Return Merchandise Authorization (RMA) atau menukar ke unit yang baru.

Di Indonesia, Asus ROG Ally baru saja meluncur resmi. Ada dua varian yang dipasarkan, yakni Asus ROG Ally dengan AMD Z1 dan AMD Z1 Extreme sebagai model tertingginya.

Asus ROG Ally dengan AMD Z1 dijual Ro10.099.000, sedangkan untuk versi dengan prosesor AMD Z1 Extreme dipasarkan Rp11.299.000.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini