home ×
Gadget

Asus ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Tipis tapi Powerful

13 January 2020 By
Asus ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Tipis tapi Powerful
Share
Share
Share

Uzone.id - Di ajang CES 2020, Asus membuat gebrakan baru di lini laptop gaming. Kali ini mereka berani membuat laptop gaming ultraslim 14 inci lewat ROG Zephyrus G14. Meski tipis dan langsing, Asus mengklaim laptop ini punya prosesor superkencang.

Asus mengakui, tantangan terberat dalam mengembangan ROG Zephyrus G14 adalah menyematkan komponen premium ke dalam bodi yang ketebalannya tidak lebih dari 20mm. Untuk menjawab tantangan tersebut, ROG Zephyrus G14 dibekali dengan sistem pendingin khusus sehingga AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang tertanam di dalamnya.

AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors merupakan prosesor generasi terbaru yang dibuat menggunakan metode fabrikasi 7nm, terdepan di industri prosesor laptop saat ini. Prosesor yang tampil dengan arsitektur Zen 2 tersebut juga ditemani oleh chip grafis (GPU) powerful NVIDIA GeForce RTX 2060.

ROG Zephyrus G14 tidak hanya untuk bermain game. Selain dilengkapi dengan refresh rate tinggi dan dukungan teknologi AMD FreeSync, layarnya mampu mereproduksi warna secara akurat dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated sehingga sangat cocok untuk para profesional kreatif dan content creator.

Daya tahan baterainya hingga 10 jam penggunaan yang dapat diisi ulang melalui charger USB Type-C. Memiliki ketebalan hanya 17,9mm dan bobot 1,6kg tanpa custom LED matrix, ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming 14 inci yang diklaim paling ringkas dan powerful saat ini.

Baca juga: 5 Pertimbangan Sebelum Beli Asus ROG Phone II

ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi fitur AniMe Matrix, teknologi layar yang menggunakan 1.215 mini LED dengan 256 tingkatan pencahayaan.

image001 (1)

ROG Zephyrus G14 menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 yang berjalan di 65W dengan kecepatan 1298MHz. Discrete GPU yang menggunakan arsitektur Turing terbaru tersebut, telah hadir dengan Tensor Core yang memungkinkan pemrosesan grafis modern seperti real-time ray tracing. Kehadiran GPU ini membuat ROG Zephyrus G14 dipastikan mampu menjalankan semua game AAA modern dengan tampilan grafis terbaik.

NVIDIA GeForce RTX 2060 berbasis arsitektur Turing juga tidak hanya sekadar untuk bermain game. GPU tersebut juga telah mendukung berbagai fitur grafis dan teknologi terkini untuk para profesional, serta dapat digunakan untuk 3D modelling dan deep learning. Chip ini juga dilengkapi dengan dedicated video encoder yang membuat ROG Zephyrus G14 mampu menjalankan game sambil melakukan live streaming dengan lancar tanpa lag.

ROG Zephyrus G14 hadir dengan dua pilihan jenis layar. Gamer yang mementingkan refresh rate dapat memilih layar beresolusi Full HD dengan refresh rate hingga 120Hz. Sementara layar beresolusi WQHD hadir untuk pengguna yang lebih mementingkan resolusi. ASUS juga bekerjasama dengan produsen layar untuk menghadirkan layar 14 inci dengan refresh rate tinggi.

Teknologi AMD FreeSync akan hadir di ROG Zephyrus G14. Teknologi tersebut memungkinkan refresh rate dan frame rate dapat disinkronisasikan sehingga tidak ada lagi tearing dan stuttering saat bermain game.

AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors yang digunakan di ROG Zephyrus G14 memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread yang dipastikan mampu memenuhi kebutuhan gamer serta para profesional kreatif. Juga ditemani memori DDR4-3200 dengan kapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan, laptop gaming ini menggunakan NVMe SSD berkapasitas hingga 1TB untuk akses data yang kencang.

Sistem pendingin di ROG Zephyrus G14 menggunakan heatsink ultra-thin copper fin dengan ketebalan hanya 0,15mm. Penggunaan heatsink fin yang lebih tipis membuat udara dapat mengalir lebih lancar serta panas dapat disebar secara lebih optimal berkat permukaan heatsink yang lebih besar. Secara keseluruhan, ROG Zephyrus G14 memiliki 209 heatsink fin dengan luar permukaan hingga 68.868mm2. Setiap heatsink terhubung dengan jaringan yang terdiri dari lima heatpipe khusus yang menghubungkan CPU, GPU, serta VRM yang merupakan komponen penghasil panas utama.

Menemani heatsink dan heatpipe di ROG Zephyrus G14 adalah kipas n-Blade yang telah dirancang khusus untuk laptop ultraslim. Kipas berbahan liquid crystal polymer tersebut dirancang agar tidak berubah bentuk ketika diputar dengan RPM yang tinggi. Kipas khusus ini juga menggunakan desain unik dimana bilah kipasnya hadir dengan panjang yang berbeda, yaitu antara 50mm dan 51,2mm.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

9 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 22 January 2020 | 09:24:43

meskipun laptop nya tipis tapi kecanggiha nya besar

andreanyp 16 January 2020 | 17:52:06

sudah eranya laptop gaming itu slim good job asus

AekaShiraki 15 January 2020 | 14:15:19

otw ganti laptop bos

Bapak Kau 14 January 2020 | 07:30:30

laptop nya sangat bagus dan enak buat main game

Malam 14 January 2020 | 06:07:31

wao bagus bagus banget

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id