icon-category Gadget

ASUS Vivobook Pro 14 OLED, Spesifikasi Tinggi untuk Laptop Kelas Menengah

  • 05 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Asus Vivobook 14 OLED (Foto: Dok Asus Indonesia)

    Uzone.id - ASUS memperkenalkan laptop terbarunya yakni, Vivobook Pro 14 OLED. Menurut mereka, laptop ini pas untuk pekerja kreatif yang menginginkan upgrade perangkat untuk menunjang skil-nya yang meningkat.

    Produsen ini menyadari bawa pekerja kreatif mempunyai kebutuhan berbeda untuk laptopnya, seperti kualitas visual yang tinggi, seperti tingkat reproduksi pada akurasi warnanya. Nah menariknya, performa Vivobook Pro 14 OLED ini diklaim laptop kelas menengah ini mampu memenuhi itu semua, sesuatu yang jarang didapatkan oleh para kreator.

    Kenapa seperti itu? Karena kebanyakan laptop kelas menengah, tidak dilengkapi dengan hardware mumpuni. Hebatnya ASUS Vivobook Pro 14 OLED punya keduanya.

    Nah, mari kita bahas lebih jauh apa saja keunggulan dari ASUS Vivobook Pro 14 OLED, ini ya:

    Daftar Isi:
    1. Desain
    2. Layar
    3. Performa
    4. Fitur lainnya
    5. Kesimpulan

    Desain Ringkas

    Masih bekerja secara mobile? Tenang, ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini ringkas dan termasuk ringan dibawa kemana-mana, sebab ketebalannya tak lebih dari 2 cm dengan bobot hanya 1,4 Kg. Pas ditaruh ke tas yang berukuran sedang, walaupun ukuran layarnya 14 inci.

    Rahasia desain Vivobook Pro 14 OLED yang ringkas tidak luput dari inovasi ASUS yang terus mencoba untuk membuat laptop semakin ringkas dan mudah dibawa bepergian.

    Salah satu inovasi tersebut adalah fitur NanoEdge Display yang memungkinkan bezel layar di Vivobook Pro 14 OLED dapat tampil sangat tipis. Bezel tipis secara langsung memangkas dimensi bodi laptop dan membuatnya lebih ringkas serta mudah untuk dibawa bepergian.

    Untuk memudahkan penggunanya, Vivobook Pro 14 OLED juga dilengkapi dengan sistem keamanan berbasis biometrik. Di bagian tompol power-nya, ASUS telah menyematkan sensor sidik jari tersembunyi yang telah terintegrasi dengan Windows Hello. Dengan demikian, pengguna Vivobook Pro 14 OLED dapat masuk ke dalam sistem secara lebih mudah saat menyalakan laptopnya.

    Layar Tajam

    Selain layarnya yang lega, laptop ini mengusung teknologi ASUS OLED ditambah resolusi layarnya 2,8 K atau setara 2.880x1.800 sehingga bagi pekerja yang membutuhkan layar tajam akan dimanjakan di Vivobook Pro 14 OLED ini sekelas profesional.

    Dengan panel ASUS OLED, laptop ini memiliki struktur yang sangat berbeda dengan layar laptop pada umumnya yang masih menggunakan panel IPS. Layar ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu berukuran sangat kecil sehingga tidak menggunakan lapisan backlight.

    Struktur tersebut memiliki kelebihan yaitu reproduksi warna yang sangat akurat khususnya untuk warna hitam karena absennya backlight membuat layar ASUS OLED bisa menampilkan warna hitam yang sempurna.

    Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik, bagaimana bisa? Kunci untuk menampilkan kualitas visual terbaik salah satunya ada pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut.

    Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop.

    DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

    Tidak tanggung-tanggung, layar ASUS OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga dapat langsung digunakan bahkan oleh para profesional kreatif yang kegiatan sehari-harinya sangat bergantung pada layar yang memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi.

    Keunggulan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah konsiten dalam menghadirkan kualitas visual. Layar ASUS OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah.

    Tidak tanggung-tanggung, pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Konistensi dalam menghadirkan kualitas visual ini sangat penting, apalagi bagi para insan kreatif dan content creator.

    Oh iya, kalian yang bekerja di depan laptop seharian, tidak akan merasa mudah lelah matanya.

    Sebab ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah, serta telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light.

    Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka.

    Performa Tinggi Laptop Kelas Menengah

    Bukan sekadar gimmick, mari kita bedah.

    Dimulai dari CPU-nya, Vivobook Pro 14 OLED tidak menggunakan CPU kelas ultrabook seperti laptop lain di kelasnya. Laptop ini hadir dengan CPU 11th Gen Intel Core H Series yang biasanya terdapat di dalam laptop gaming.

    Tidak hanya itu, Vivobook Pro 14 OLED juga dibekali dengan GPU kelas gaming yaitu NVIDIA GeForce GTX 1650. GPU tersebut dapat membuat berbagai aplikasi kreatif berjalan jauh lebih kencang apalagi ASUS telah memasang NVIDIA Studio Driver di dalam laptop ini.

    Kita semua tahu bahwa CPU dan GPU kencang saja tidak akan membuat Vivobook Pro 14 OLED kencang untuk kegiatan kreatif jika tidak diimbangi oleh memori dan media penyimpanan yang mumpuni. 

    Vivobook Pro 14 OLED sendiri telah dilengkapi dengan memori RAM DDR4 berkapasitas hingga 16GB dan penyimpanan menggunakan PCIe SSD berkapasitas 512GB.

    Kombinasi keduanya memungkinkan pengguna Vivobook Pro 14 OLED dapat menjalankan berbagai aplikasi kreatif secara bersamaan dengan waktu loading yang singkat.

    Untuk lebih jelasnya, berikut hasil benchmark dari Vivobook Pro 14 OLED yang menggunakan CPU Intel Core i7-11370H, GTX 1650 dan RAM 16GB:

     

    Selain itu laptop ini menyematkan sistem pendingin IceCool terbaru yang ditenagai oleh dua kipas. Sistem pendingin tersebut memungkinkan Vivobook Pro 14 OLED untuk bekerja secara stabil meski sedang memproses pekerjaan yang berat seperti rendering video atau objek 3D.

    Dari hasil tress test menggunakan 3DMark FireStrike yang diputar sebanyak 20 kali memperlihatkan bahwa Vivobook Pro 14 OLED berhasil lolos pengujian tersebut dengan rata-rata suhu operasional di angka 61⁰C.

    Angka tersebut tergolong sangat rendah untuk operasional sebuah laptop berukuran ringkas dengan CPU dan GPU kelas gaming.

    Di samping sistem pendingin, Vivobook Pro 14 OLED juga dibekali dengan baterai berkapasitas 63Whr. Didukung oleh hardware modern yang dapat bekerja secara efektif dan optimal serta baterai dengan kapasitas lebih besar dibandingkan laptop di kelasnya, Vivobook Pro 14 OLED mampu bertahan hingga lebih dari 8 jam penggunaan saat diuji menggunakan PCMark 10 Battery Test pada mode Modern Office.

    Fitur lainnya

    Sebagai laptop modern, Vivobook Pro 14 OLED tentu saja telah dilengkapi dengan port standar seperti USB Type-A, HDMI, dan 3.5 combo audio jack. Tidak hanya itu, laptop ini ternyata juga telah dibekali dengan USB Type-C Thunderbolt 4 yang menawarkan konektivitas berkecepatan tinggi hingga 40Gbps.

    Port Thunderbolt 4 tersebut juga tidak hanya dapat digunakan sebagai fasilitas untuk menghubungkan perangkat eksternal, tetapi juga telah mendukung fitur USB Power Delivery yang memungkinkan pengisian daya di Vivobook Pro 14 OLED dilakukan melalui adapter USB Type-C atau bahkan power bank sehingga membuat laptop ini lebih portabel.

    Kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh Vivobook Pro 14 OLED adalah konektivitas nirkabel.

    Teknologi WIFi 6 telah hadir di laptop ini. WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta sinyal yang lebih stabil berkat dukungan teknologi ASUS WiFi Master. 

    Tidak lupa juga bahwa Vivobook Pro 14 OLED hadir dengan keyboard yang telah dilengkapi dengan backlight untuk penggunaan di kondisi minim atau bahkan tanpa cahaya sama sekali, serta mendukung fitur Link To MyASUS yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone-nya agar bisa dijadikan sebagai layar kedua atau bahkan webcam melalui koneksi nirkabel.

    Kesimpulan

    Vivobook Pro 14 OLED hingga saat ini merupakan laptop untuk para kreator yang mumpuni dengan harga cukup terjangkau.

    Selain dibekali dengan performa kelas gaming yang powerful, layar ASUS OLED dengan kualitas visual terbaik, laptop ini juga masih tergolong ringkas dan ringan untuk digunakan sebagai perangkat penunjang produktivitas para kerator kapanpun dan di manapun.

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini