Digilife

Aturan Apple Bikin Game Netflix Telat Hadir di iOS

  • 08 November 2021
  • Bagikan :
    Aturan Apple Bikin Game Netflix Telat Hadir di iOS

    Foto: Juraj Gabriel/Unsplash

    Uzone.id - Layanan game di Netflix sudah hadir lebih dulu untuk pengguna Android beberapa waktu lalu. Sementara itu, pengguna iOS harus menunggu lebih lama untuk layanan terbaru platform streaming tersebut.

    Mengutip dari Techradar, Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan bahwa ia telah melihat kode yang digunakan Netflix untuk merilis gamenya secara ‘individu’ di iOS, sesuai persyaratan App Store.

    Jadi, berbeda dengan Android yang bisa langsung menggunakan layanan game di aplikasi Netflix-nya, pengguna iOS perlu mendownload terlebih dahulu judul game Netflix satu persatu di App Store.

    Keterlambatan dan aturan baru ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat adanya kebijakan Apple yang melarang aplikasi pihak ketiga untuk menjadi hub untuk game.

    Baca juga: Netflix Akhirnya Rilis Game Online Gratis Buat Pengguna Android

    Selain itu, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga dikenal karena mempertahankan grip sebagai ‘pengganti’ terhadap bagaimana aplikasi dan game didistribusikan di iOS.

    Hal ini juga menjadi alasan Apple berseteru dengan pengembang Fortnite, Epic Games di pengadilan hukum.

    Kasus ini berpusat pada kebijakan App Store untuk mengambil potongan hingga 30 persen di semua pembelian in-app, kendati demikian Apple tidak memberi opsi pembelian di tempat lain bagi para pengguna.

    Hakim pun menyatakan bahwa mereka mendukung Epic Games dan meminta Apple untuk tidak memaksa para pengembang dalam penggunaan App Store untuk proses pembelian in-app.

    "Apple perlu mengubah aturannya atau memberikan pengecualian kepada Netflix," kata Gurman, dikutip dari The Verge.

    Baca juga: Adegan Sinetron Mirip ‘Squid Game’, Begini Respon Netflix Indonesia

    Baru tersedia di AS, layanan Netflix Games menawarkan lima judul langsung yang bisa dimainkan para pelanggan saat masa peluncurannya.

    Game-game tersebut antara lain, Stranger Things: 1984, Stranger Things 3: The Game, Shooting Hoops, Teeter Up, dan Card Blast.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini