home ×
Digilife

Aturan Rahasia Facebook tentang Kata "Zionis" untuk Hambat Kritik Israel

17 May 2021 By
Aturan Rahasia Facebook tentang Kata
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Ist)

Uzone.id -  Sejumlah orang percaya bahawa ada aturan internal rahasia Facebook untuk memoderasi istilah "Zionis" untuk membiarkan jejaring sosial menghambat kritik terhadap Israel di tengah gelombang pelanggaran dan kekerasan Israel yang sedang berlangsung terhadap Palestina.

Aturan tersebut tampaknya telah ada sejak 2019, tampaknya bertentangan dengan klaim perusahaan pada bulan Maret 2021 lalu bahwa tidak ada keputusan yang dibuat tentang apakah akan memperlakukan istilah "Zionis" sebagai proxy untuk "Yahudi" ketika menentukan apakah itu digunakan sebagai kata “Kebencian."

Baca juga: Facebook dan Instagram Hapus Postingan Palestina?

Kebijakan yang diperoleh The Intercept dan dikutip Uzone.id, Senin (17/5), mengatur penggunaan kata “Zionist" dalam postingan tidak hanya di Facebook tetapi di seluruh aplikasi anak perusahaannya, termasuk Instagram.

Sejak beberapa hari terakhir, Facebook dan Instagram menghadapi tuduhan penyensoran menyusul penghapusan yang tidak menentu dan meluas dari pengguna pro-Palestina yang mengkritik pemerintah Israel, termasuk mereka yang mendokumentasikan contoh-contoh kekerasan negara Israel.

"Facebook mengklaim bahwa kebijakan mereka pada kata 'Zionis' adalah tentang keamanan Yahudi," kata Dani Noble, dari organisasi Jewish Voice for Peace.

Baca juga: Kekuataan Senyum Wanita Palestina

Memang, tidak ada bukti kuat bahwa Facebook melakukan penghapusan konten Facebook dan Instagram yang dikaitkan secara meyakinkan dengan istilah "Zionis", pengguna dan pendukung pro-Palestina khawatir dengan hilangnya postingan dan pemberitahuan pelanggaran kebijakan selama seminggu terakhir.

Juru bicara perusahaan Sophie Vogel, mengatakan bahwa penghapusan postingan itu lebih kepada masalah teknis ketimbang hal lainnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id