home ×
Auto

Avanza Mundur Seruduk Indomaret, Apa Pesan yang Bisa Ambil?

26 July 2021 By
Avanza Mundur Seruduk Indomaret, Apa Pesan yang Bisa Ambil?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Jagad mayan kembali dikejutkan dengan insiden mobil yang nyelonong ke dalam Indomaret. Terlihat pada gambar, mobil tersebut kemungkinan berjenis Avanza atau Xenia.

kejadian ini terjadi di sebuah gerai Indomaret yang berada di Jalan Sepakat, Kulim Pekanbaru, tadi malam.

Belum diketahui apa penyebab mobil tersebut bisa berada di dalam Indomaret. Namun uniknya lagi, mobil tersebut terlihat dalam posisi mundur, dan terlihat bagian grill yang rusak.

Baca juga: Jajal Mobil Listrik Termurah MG ZS EV, Kencangnya Senyap!

Sejumlah komentar pun mempertanyakan bagaimana mobil tersebut bisa nyeruduk Indomaret dengan posisi mundur tersebut. "Mungkin pengen drive thru," ujar akun@skaialridho.

"Kayaknya masih belajar dan mobilnya matik, bahaya mobil matic ya gitu, ga kekontrol gas ya kebablasan," ujar kun @tiariemelati.

Ada juga yang mempertanyakan, kenapa kalau nabraknya mundur, bagian depan mobilnya juga rusak? dan masih banyak lagi.

Apa pelajaran yang bisa kita ambil dari insiden tersebut?

Pertama nyetir itu jelas aktifitas yang perlu fokus dan standar skill tertentu. Kemungkinan besar penyebab insiden tersebut karena pengemudinya belum ahli atau tidak fokus.

Kemudian, kemungkinan besar pula mobil yang digunakan berjenis transmisi otomatis. Ada beberapa penyebab yang biasanya terjadi dalam kondisi seperti ini.

Kalau belum ahli, jelas besar kemungkinan salah memposisikan tuas transmisi untuk maju atau mundur. Kedua, belum mampu memperkirakan respon pedal gas ketika mengoperasikan mobilnya.

Bisa juga pengemudi biasanya tidak fokus, salah mengira posisi tuas transmisi dan fatalnya karena panik, juga salah mengira pedal rem dengan pedal gas.

Maksudnya begini. Mobil transmisi otomatis akan secara otomatis berjalan perlahan ketika pedal rem diangkat. Ketika mengetahui mobil mundur bukan maju, maka panik dan bukannya menginjak pedal rem, tapi malah pedal gas.

Itu analisa dari sisi kendaraan dan pengemudinya. Kemudian yang juga perlu kita perhatikan adalah kondisi tempat parkir. Kebanyakan lahan parkir Indomaret dan mini market sejenis selalu berdekatan dengan pintu masuk atau halaman muka mini marketnya.

Sudah begitu, jarang yang sampai menyediakan pembatas, minimal pembatas ban untuk menandakan mobil harus berhenti saat memarkir, sekaligus dari sisi safety juga untuk menahan pergerakan mobil yang kebablasan saat parkir.

Dan yang gak kalah penting, hampir semua halaman muka Indomaret terdiri dari kaca-kaca yang besar, sehingga potensi hancurnya sangat besar, apalagi ketika diseruduk oleh benda bergerak seperti mobil.

Maka yang harus diperhatikan ketika berbelanja ke mini market menggunakan mobil transmisi otomatis, pastikan lahan parkir aman dan sebisa mungkin memarkir jauh dari halaman depan mini marketnya.

Kemudian, jangan pernah lupa untuk menginjak pedal rem, karena fungsi pedal rem makin penting pada mobil-mobil bertransmisi otomatis.

VIDEO Bocoran Toyota Avanza & Honda BR-V Terbaru, Berubah Biar Laris Lagi:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id