icon-category Music

Awal Terbentuknya God Bless

  • 31 Oct 2018 WIB
  • Bagikan :

    God Bless akan gelar konser 45 Tahun


    Uzone.id - Nama besar God Bless sebagai band rock legendaris di Indonesia tidak bisa terlepas dari nama Achmad Albar.

    Iyek, begitu panggilan akrabnya, merupakan vokalis band kenamaan tersebut. Band ini memang salah satunya diprakrasai oleh dirinya setelah pulang ke Tanah Air dari Belanda.

    Di Indonesia, ia pberangan-angan membentuk sebuah band. Bersama Ludwig Le mans, gitaris Clover Leaf, band Iyek ketika masih di Belanda, Iyek lalu mengajak Fuad Hassan (Drum), Donny Fattah (Bass) dan Deddy Dores (Kibord) untuk membentuk sebuah band.

    Formasi awal band ini pun terbentuk pada tahun 1972 dan langsung mencoba mengikuti pentas musik Summer 8 di Ragunan.

    Di festival Woodstock ala Indonesia inilah dia mengubah bandnya Crazy Wheels menjadi God Bless.

    Tapi tak lama setelah itu, Deddy Dores keluar dan di gantikan Jockie Soerjoprajogo. Formasi ini pun mulai getol berlatih di kawasan puncak, Jawa Barat.

    Tanggal 5-6 Mei 1973, untuk pertama kalinya God Bless tampil di depan publik, di Taman Ismail Marzuli (TIM) Jakarta.



    Tahun 1975, formasi God Bless yang paling solid yakni Achmad Albar (Iyek), Donny Fattah (Bass), Jockie Soerjoprajogo (Kibord), Teddy Sudjaja (masuk menggantikan Keenan Nasution yang sebelumnya juga menggantikan Fuad Hassan yang meninggal dunia akibat kecelakan) dan di tambah sang gitaris handal Ian antono.

    Pada awalnya, God Bless bukanlah band yang memiliki lagu. Mereka hanya band yang biasa membawakan lagu-lagu orang lain, seperti Kansas, Easy Beast, Genesis, Deep Purple, pada setiap penampilan mereka.

    Proses masuknya band legendaris ini kedalam dapur rekaman dimulai dengan coba-coba. Mereka menulis lagu, dan lantas merekamnya. Mereka merekamnya di sebuah studio yang dikelola oleh Alex Kumara (ahli broadcast).

    Rekaman-rekaman ini bisa sampai ke telinga PT Aquarius Musikindo karena Suryoko - bos Aquarius - sering belajar gitar di rumah Ian. Mereka berdua memang sudah bersahabat sejak lama. Dan pada tahun 1975, God Bless merilis album perdananya.

    Mereka merampungkan Album perdana Huma diatas Bukit yang merupakan soundtrek film yang di sutradarai oleh Suman Djaya.

    Tahun 1970-an, boleh dibilang adalah masa kejayaan God Bless di panggung. Diantara beberapa band Rock yang tumbuh saat itu, sebut saja macam Giant Step, The Rollies dan AKA, God Bless hampir tak tertandingi.


    Prestasi terbesar God Bless saat itu adalah menjadi band pembuka saat Deep Purple konser di Jakarta.

    Bongkar pasang formasi band tetap membuat God Bless kukuh sebagai band rock papan atas.

    Bahkan hingga saat ini usia mereka telah menginjak usia 45 tahun, dan akan menggelar konser penting ini.

    God Bless siap mengadakan konser secara indoor pada 3 dan 4 November 2018 di Gedung Telkom Landmark Tower, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

    Konser God Bless ini akan bertempat di lantai 6, di mana ruangan tersebut memiliki kapasitas yang dapat memuat 700 sampai 900an bangku. Tim God Bless meyakini konsepnya akan meriah namun tetap intim.

    Lalu, berapa harga tiketnya?

    Ada tiga jenis tiket yang dapat dibeli. Pertama, kelas Gold yang dibanderol Rp525 ribu. Lalu, kelas Platinum yang dijual seharga Rp1,05 juta dan kelas Diamond seharga Rp1,575 juta.

    Penjualan tiket ini tersedia di berbagai platform online seperti Blanja.com, Tiketapasaja.com, Rajakarcis, tiket.com, Go-tix, hingga Traveloka.

    Eits, tidak berhenti sampai situ, gaes.

    Konser God Bless ini sejatinya berkonsep eConcert, yaitu turut ditayangkan secara online melalui tayangan streaming langsung di aplikasi UseeTV yang bisa dibeli seharga Rp15 ribu.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini