icon-category Digilife

Awalnya Ogah, Akhirnya Luluh Juga: Telegram Hadirkan Stories Bulan Agustus

  • 03 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id Better late than never, mungkin kata-kata ini jadi prinsip WhatsApp dan Telegram ketika menyontek fitur satu sama lain. Kali ini, walaupun ‘telat’ Telegram akan merilis fitur yang sudah lama ada di WhatsApp, yaitu Stories.

Kabar fitur baru ini disampaikan oleh CEO Telegram dalam unggahan di channel pribadinya pada Rabu, 27 Juni lalu. 

Pavel Durov mengumumkan bahwa platform perpesanan ini akan meluncurkan fitur Stories pada bulan depan, tepatnya Agustus. 

“Pengguna telah meminta fitur tersebut selama bertahun-tahun tetapi perusahaan awalnya menentang karena fitur Stories ini sudah ada di mana-mana,” katanya dikutip dari Engadget.

Selanjutnya, Telegram pun memutuskan untuk mendengar saran pengguna dan membuat versi Stories mereka sendiri yang lebih disesuaikan dibandingkan dengan platform lainnya.

Nantinya, fitur Stories ini akan mirip dengan fitur Stories di Messenger yang mana terdapat bubble berbentuk bulat di atas daftar percakapan.

Pengguna bisa melihat postingan mereka dan bisa melihat siapa saja yang bisa melihat isi Stories mereka. Stories ini juga bisa menambahkan caption, link hingga bisa menandai pengguna lain.

Seperti Stories lainnya, pengguna bisa membuat konten dari foto dan video galeri atau secara langsung. Tak hanya itu, pengguna bisa membagikan video atau foto yang diambil dari kamera depan dan belakang secara bersamaan, mirip dengan BeReal.

Walaupun terbilang ketinggalan jaman karena baru membuat fitur ini, tapi Telegram menambah detail fitur yang berbeda dari yang lain. Jika Stories WhatsApp perlu 24 jam untuk menghilang, di Telegram pengguna bisa menentukan waktu mereka sendiri.

Misalnya, status pengguna bisa diatur untuk menghilang dalam waktu 6 jam, 12 jam hingga 48 jam, bahkan bisa secara permanen ditampilkan.

Telegram sudah menguji coba fitur ini secara internal dan sedang dalam tahap terakhir pengujian, fitur ini direncanakan meluncur pada awal Juli nanti.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini