home ×
Digilife

Awalnya untuk Pengguna Internet Lemot, Kini Facebook Lite Malah Dimatikan

13 August 2020 By
Awalnya untuk Pengguna Internet Lemot, Kini Facebook Lite Malah Dimatikan
Share
Share
Share
Share

 (Foto: Unsplash)

Uzone.id -- Facebook sejak tahun 2015 merilis aplikasi versi “ringan” yang diberi nama Facebook Lite sebagai solusi bagi pengguna yang memiliki ponsel pintar kelas bawah serta akses internet yang lemot. Secara tiba-tiba, Facebook Lite siap dimatikan oleh perusahaan.

Facebook memutuskan untuk menyetop dukungannya terhadap pengembangan aplikasi Facebook Lite. Hal ini juga sudah diketahui oleh sebagian besar pengguna Facebook Lite di Brasil, bahwa mereka menerima notifikasi bahwa aplikasi tersebut sudah tidak bisa beroperasi.

Juru bicara Facebook mengatakan, alasan dibalik Facebook Lite dimatikan adalah adopsi aplikasi tersebut kian menurun.

Baca juga: Facebook Mulai Berani, Pertama Kalinya Hapus Postingan Sesat Trump

“Karena adanya adopsi dan pengembangan yang terbatas, kami akan berhenti mendukung aplikasi Facebook Lite untuk perangkat yang berjalan di sistem operasi iOS,” ungkap juru bicara Facebook seperti dikutip dari MacMagazine.

Apa yang diutarakan pihak Facebook dianggap cukup menarik, sebab pada 2017 Facebook mengklaim bahwa Facebook Lite memiliki sekitar 200 juta pengguna aktif bulanan. Sementara pada 2018, ada sebanyak 1 miliar download Facebook Lite versi Android.

Sejauh ini, pihak Facebook baru menyebut Facebook Lite yang tersedia di platform iOS. Tandanya, pengguna iPhone di negara-negara berkembang harus kembali ke Facebook versi reguler.

Baca juga: Facebook, TikTok hingga Netflix Wajib Bayar Pajak RI Mulai September 2020

Secara umum, Facebook Lite menawarkan beberapa fungsi yang mirip dengan aplikasi Facebook biasa seperti Feed, status update, foto, notifikasi dan lain-lain. Perbedaan yang paling kentara hanya pada tampilan grafis yang lebih minim.

Selain bisa bekerja pada jaringan internet 2G, Facebook versi ringan ini juga cocok untuk ponsel Android dengan spesifikasi rendah. Ukurannya tak lebih dari 1 MB dan tidak menguras banyak memori.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Finn 16 August 2020 | 18:59:57

FB lite itu serasa seperti buka FB di browser, kalo internet lemot ya Apknya juga lemot . itu pendapat saya selama memakai aplikasi tsb

Andar str 14 August 2020 | 17:34:39

Berarti untuk pengguna android masi bisa

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article