Digilife

Awas! Chat di Grup WhatsApp Rawan Bocor karena Ini

  • 23 February 2020
  • Bagikan :
    Awas! Chat di Grup WhatsApp Rawan Bocor karena Ini

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Mesin pencarian Google ternyata bisa mengindeks tautan undangan ke grup WhatsApp yang bersifat pribadi. Ini artinya, pembicaraan dalam grup yang tak semestinya untuk konsumsi publik, rawan bocor.

    Mengutip Endgadget, hal ini pertama kali ditemukan jurnalis media Jerman, DW, Jordan Wildon. Jurnalis lain dari Motherboard pun menemukan hal yang sama.

    Baca juga: Rilis Berdekatan, Realme C3 Bakal Rugikan Penjualan Realme 5i?

    Salah satu yang mereka temukan berdasarkan pencarian Google, misalnya, grup WhatsApp milik lembaga swadaya masyarakat yang diakreditasi oleh PBB. Motherboard bisa melihat anggota yang terdiri dari 48 orang berikut dengan nomor ponsel mereka.

    Menurut juru bicara WhatsApp, ini bukanlah kesalahan sistem, melainkan si pemilik grup yang memang membagikan tautan yang bisa dicari. Dengan kata lain, pengaturan grup dibuat "public" bukan "private".

    Baca juga: FOTO: Melihat Lebih Dekat Bodi Realme C3

    Sementara itu, juru bicara Google mengatakan, pencarian yang menampilkan tautan ke grup WhatsApp tersebut sama sekali tak berbeda dengan pencarian pada umumnya. Artinya, si pemilik grup pastilah mengizinkan tautan ke grupnya terdaftar secara publik dan bisa diindeks Google.

    Kalau begitu, bagaimana caranya supaya grup pribadi aman dari orang yang tak kita kehendaki?

    Salah satunya adalah dengan melarang anggota untuk membagikan tautan ke website mana pun, kecuali jika memang kamu menginginkan orang luar bisa mengakses grup WhatsApp pribadi kalian.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini