home ×
Technology

Awas! Kelompok Peretas Turki Incar Akun Instagram

03 March 2019 By
Awas! Kelompok Peretas Turki Incar Akun Instagram
Share
Share
Share

Para pakar keamanan dunia maya di Trend Micro memperingatkan pengguna Instagram tentang modus penipuan baru yang berbahaya. Ada Kelompok Peretas yang mengincar akun Instagram, dan bisa mencuri identitas pengguna, bahkan memeras uang atau foto selfie seksi koleksi pribadi.

Penipuan Instagram memang bukanlah hal yang baru. Namun, para pakar keamanan di Trend Micro mengatakan serangan kali ini sangat meyakinkan dan sangat berbahaya.

Serangan sedang dilakukan kelompok peretas Turki, dan dapat membuat pengguna kehilangan akun Instagram selamanya.

Menurut para pakar keamanan, sejumlah akun profil dengan jumlah pengikut tinggi telah diretas menggunakan metode ini.

“Kami juga menemukan modus para hacker berbahasa Turki ini menargetkan profil Instagram yang populer,” sebuah laporan baru memperingatkan.

Peneliti ancaman, Jindrich Karasek, mengatakan bahwa akun Instagram dengan sebanyak 70.000 pengikut telah diretas.

{Baca juga: Hacker Turki Ini Divonis Penjara Selama 3 Abad}

“Para korban berkisar dari kalangan aktor dan penyanyi terkenal hingga pemilik bisnis pemula seperti penyewaan peralatan pemotretan,” ungkap Jindrich.

Lebih buruk lagi, begitu peretas masuk ke akun anda, mereka akan mencoba untuk mengambil materi foto yang dapat disalahgunakan, semisal seperti selfie seksi.

“Kelompok ini juga melakukan pemerasan digital. Begitu seorang korban mencoba menghubungi peretas, mereka akan diperas untuk membayar tebusan berupa uang atau foto dan video telanjang untuk mendapatkan kembali akun itu,” kata Cedric Pernet dari Trend Micro.

“Tentu saja, para peretas tidak pernah mengembalikannya. Memang, serangan semacam ini menargetkan akun profil dengan jumlah pengikut tinggi atau influencer media sosial,” jelasnya.

Jadi bagaimana cara kerja para penipu ini? Ini adalah serangan phishing klasik, di mana anda akan menerima email yang seolah-olah dari Instagram, tetapi sebenarnya dikirim oleh para penipu.

Email tersebut akan meminta anda agar memverifikasi akun Instagram anda untuk mendapatkan lencana terverifikasi di profil anda. Lencana terverifikasi dilihat sebagai simbol status, dan didambakan di antara pengguna.

{Baca juga: Hacker Bobol Situs Reddit, tapi Cuma Bisa Lihat Data}

Setelah anda mengklik ‘Verifikasi Akun’ anda akan diarahkan ke halaman phishing di mana anda akan menyerahkan detail informasi akun anda. Selanjutnya peretas akan mendapatkan akses ke akun anda, dan menguasai sepenuhnya. [BA/HBS]

Sumber: The Sun 

 

Artikel Awas! Kelompok Peretas Turki Incar Akun Instagram dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

421 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 03 February 2020 | 07:02:14

selalu amankan akun sosmed anda yah jangan sampai ke bobol

leon grey 15 October 2019 | 20:11:08

waduh harus hati-hati ya buat semuanya

Riyan Kurniawan 14 October 2019 | 01:32:39

wah bahaya nih gimanaya

Satria Kelana 11 October 2019 | 23:37:56

harus dijaga ya akun Instagram kalian

Indra Pratama 09 August 2019 | 16:39:42

wah bahaya nih gimanaya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id