home ×
Digilife

Awas, Spotify Kalian Rentan Diretas karena Ini

08 March 2020 By
Awas, Spotify Kalian Rentan Diretas karena Ini
Uzone

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Sejumlah pengguna Spotify Premium melaporkan bahwa akun mereka telah diretas. Banyak pengguna yang curhat di Twitter sembari me-mention Spotify, dan ada pula yang menceritakannya di forum Reddit.

Beberapa pengguna mengaku, tiba-tiba saja akun Spotify Premium mereka memutar lagu atau album random yang tak pernah mereka dengarkan. Dan yang lebih parah lagi, sebagian pengguna tak bisa mengakses akunnya.

Sayangnya, Spotify belum memberikan penjelasan resmi mengenai hal ini. Menurut Android Authority, peretasan akun Spotify Premium bisa jadi bermotif ekonomi.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Mi 10 Series Secara Global Sebentar Lagi

Mereka menghubungkannya dengan kebijakan Spotify yang memungkinkan artis independen untuk mengunggah karya ke Spotify. Nah, seperti layanan musik streaming lainnya, Spotify membayar royalti berdasarkan seberapa banyak karya artis didengarkan pengguna Spotify.

Kata Android Authority, beberapa akun yang diretas digunakan untuk mendengarkan lagu-lagu independen terebut. Spotify bukannya tak punya sistem perlindungan data pelanggan. Mereka sudah menerapkan AI untuk mempelajari dan mengidentifikasi lagu-lagu tertentu yang tiba-tiba melejit dalam waktu singkat.

Pertanyaanya, mengapa peretasan ini bisa terjadi?

Kepada Android Authority, Spotify mengatakan, kemungkinan akun diretas karena kesalahan penggunanya. Biasanya, mereka membagikan password dengan teman atau keluarga. Celakanya, agar mudah diingat, password tersebut biasanya lemah atau mudah ditebak.

Baca juga: Produsen Chipset Ini Merasa Tak Terganggu Corona

Selain itu, menggunakan password yang sama untuk beragam layanan di internet juga berisiko tinggi. Sebab, jika satu layanan diretas, maka sang peretas akan mendapat akses ke seluruh layanan yang kita gunakan.

Berbeda dengan Gmail, Facebook atau Twitter, Spotify belum menerapkan otentikasi dua langkah (two-factor authentication). Jika kalian pengguna Spotify, salah satu cara pencegahan peretasan paling ampuh adalah dengan mengganti password.

Kedua, batalkan akses aplikasi pihak ketiga terhadap akun Spotify Premium kalian. Seperti kita tahu, beberapa aplikasi seperti Waze bisa mengakses Spotify untuk memudahkan pengendara mobil melihat peta sambil mendengarkan musik.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 14 March 2020 | 09:10:37

ini wajib di ketahui oleh semua pengguna spotify

Miskin aman 09 March 2020 | 02:48:28

bahaya sekali nih musti di waspadai

Muhannad Afif Abroory 08 March 2020 | 23:37:09

sebagai pelajaran password yg kita gunakan adalah privasi kita bukan di bagikan kepads teman, dan password harus yang sulit di tebak agar akun Spotify kita tidak mudah di retas

Satria Kelana 08 March 2020 | 13:10:36

Bahaya sekali kalau sampai kena hack kita harus waspada

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article