home ×
Food

Ayam rendang dikritik karena tak garing, warga Malaysia murka

03 April 2018 By
Ayam rendang dikritik karena tak garing, warga Malaysia murka
Share
Share
Share
Share

Ayam rendang buatan salah satu kontestan MasterChef Inggris, Zaleha Kadir Olpin mendapatkan kritik dari para juri di acara itu karena tak garing. Tetapi apakah hidangan itu seharusnya disajikan dengan garing? 

Chef asal Malaysia, Datuk Redzuawan Ismail mengatakan ayam rendang pada dasarnya adalah rebusan yang ditambah rempah-rempah segar Asia serta santan. 

Dia justru mempertanyakan alasan juri menginginkan hidangan itu garing. 

"Ini bukan bebek ala oranye atau confit d canard; cara orang Prancis memasak bebek mereka! Ini Ayam 'rendang'. Hidangan dalam resep ini tidak digoreng. Jelas dia (juri) tidak tahu, kami memasaknya dengan cara 'rendang' Malaysia!, ” kata dia. 

Salah seorang chef asal Malaysia lainnya bahkan meminta juri memahami bagaimana memasak rendang secara tradisional. 

“Pahami cara memasak rendang tradisional. Saya tantang dia dan lihat apakah bisa membuat kulit ayamnya renyah, ”kata chef yang tak disebutkan namanya itu. 

Sharizah Hashim dari Dapur London, mengatakan komentar juri tak adil. 

“Apa yang dia harapkan mungkin adalah versi rendang ayam yang di-pimped. Mungkin kulit ayam dihilangkan kemudian digoreng dan diletakkan di atasnya untuk hiasan, untuk memberi tekstur," tutur dia. 

“Bagi kami, memasak tradisional selalu merupakan substansi dari bentuk. Selalu soal rasa sebelum hal lain. Tentu saja harus menarik mata terlebih dahulu, karena itu akan membangkitkan selera. Tapi kami tidak ingin "mencemarkan" kesucian seni tradisional pembuatan rendang," sambung Hashim.

Sementara itu, Zaleha yang harus tersingkir di babak perempat final dalam ajang MasterChef itu dalam akun Twitter dan Instagramnya mengungkapkan akan tetap memasak dengan caranya sendiri. 

“Hidangan Nasi Lemak saya di MasterChef tadi malam. Sangat bangga telah menyajikan ini dan saya akan terus memasak dengan cara yang disukai keluarga saya. Tidak mengubah makanan favorit negara," tulis dia seperti dilansir New Straits Times.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id