icon-category Digilife

Bagaimana BigBox Membangun Kedaulatan Data?

  • 06 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Tantangan bagi Indonesia saat ini adalah bagaimana mengelola data yang pertumbuhannya kian besar. Lalu, kemudian hal tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat dan perekonomian.

    Menyadari hal tersebut, BigBox yang merupakan bagian PT Telkom Indonesia, ikut mensosialisasikan dengan menjadi salah satu pembicara di  webinar yang digelar Asosiasi Big Data & AI (ABDI) bersama Ditjen Dukcapil Kemendagri  dengan tajuk Perhelatan Satu Data Indonesia (SDI) Web Summit 2021.

    Budi Agus Setiawan, Chief Marketing Officer BigBox akan berbicara di hari kedua atau Kamis (8/7), di seminar online yang mengangkat tema ‘Digital Government (e-Government) Services for Economy Recovery’.

    Di acara tersebut, Budi akan memaparkan bagaimana BigBox membantu Indonesia membangun Kedaulatan Data dalam sebuah ekosistem yang berkesinambungan.

    Selain menjabarkan pentingnya Satu Data untuk sebuah Kedaulatan Data Tanah Air, BigBox juga tentu saja menawarkan sejumlah solusi dari produk-produk yang mereka miliki.

    Diharapkan Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait juga menyadari potensi besar yang sudah dikerjakan oleh BigBox melalui contoh sukses bersama Pertamina, Pemerintah Kota Semarang dan Kementerian Kesehatan untuk Satu Data Vaksin.

    Rencananya, sejumlah pembicara seperti Menteri PPN/Ketua Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri BUMN Erick Tohir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee, Djauhari Oratmangun (Dubes Indonesia untuk Tiongkok) dan masih banyak lainnya akan hadir.

    "SPBE juga sama kompleks dan masifnya seperti SDI karena banyaknya institusi di 500+ Pemerintah Daerah Kabupaten Kota belum terhitung banyaknya dinas di masing masing Kabupaten atau Kota. Apalagi ditambah SPBE di tingkat Kementerian dan Lembaga dan BUMN besar seperti PT Telkom, BRI dan lain sebagainya," ujar Rudi Rusdiah, Ketua Umum ABDI.

    “Memfasilitasi sosialisasi Perpres SDI kepada masyarakat dan institusi swasta dari BUMN hingga Enterprise dan UKM yang banyak memanfaatkan Data dari Stakeholder SDI seperti Ditjen Dukcapil, Ditjen Pajak dan BUMN  agar data dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan insight tapi tetap menjaga integritas & keamanan dari data tersebut," tutupnya.

    Tertarik untuk mengikuti acara ini, catat tanggalnya 8 Juli 2021 kemudian silahkan kunjungi dan daftar di bit.ly/bigbox-1datawebsummit.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini