Bahasa Indonesia Ditargetkan Jadi Bahasa Kedua di Arab Saudi

23 February 2018 by
Bahasa Indonesia Ditargetkan Jadi Bahasa Kedua di Arab Saudi

Bahasa Indonesia ditargetkan menjadi bahasa kedua di Arab Saudi. Niatan itu muncul lantaran banyaknya orang Indonesia yang berada di negara tersebut.

Demi mewujudkan cita-cita tersebut, KJRI Jeddah menggelar kursus BIPA atau Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Kursus yang sudah memasuki angkatan ke-13 itu kali ini diikuti oleh 90 warga lokal.

Tema yang diangkat dalam kursus BIPA 2018 adalah, "Menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di Arab Saudi". Penyelenggaraan kursus tersebut disambut positif. Bahkan, Otoritas Imigrasi Bandara King Abdulaziz memesan khusus 25 kursi untuk peserta BIPA dari mereka.

Dalam kesempatan pembukaan kursus BIPA 2018, Konsul Jendral RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, menyampaikan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa yang telah digunakan oleh lebih dari 300 juta penduduk dunia. Jamaah umroh dan haji Indonesia pun adalah terbesar kedua yang mendatangi Arab Saudi.

“Siapa saja yang bekerja di tiga kota yang didatangi jamah haji dan umroh pasti akan bertemu dengan orang Indonesia dan akan berbicara dengan mereka, sehingga Bahasa Indonesia bukan hanya digunakan sebagai bahasa pergaulan sosial tetapi telah menjadi bahasa bisnis komersial,” ungkap Hery dalam keterangan pers kepada kumparan (kumparan.com), Jumat (23/2).

Tidak cuma BIPA, Hery menyatakan, sudah saatnya ada Pusat Studi Bahasa dan Budaya Indonesia di kampus-kampus Arab Saudi. Oleh sebab itu, pihaknya sedang memulai komunikasi dengan kampus-kampus ternama seperti Universitas Islam Madinah dan King Abdulaziz University Jeddah agar pusat bahasa bisa dibuka sesegera mungkin..

Menambahkan Hery, Pelaksana Fungsi Pensosbud 2 Umar Badarsyah, mengatakan, selain mengupayakan studi Indonesia di kampus-kampus, ke depannya KJRI Jeddah akan melobi pemerintah Saudi agar kursus BIPA dapat diikuti oleh wanita Saudi.

Umar menyebut, pelaksaan BIPA bagi perempuan Saudi sejalan dengan visi Saudi tahun 2030 yang ingin membuka peran wanita lebih besar lagi masa mendatang.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
9 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Anjas Moeslim 17 September 2018 | 10:13:27

semoga Indonesia bisa menjadikan pelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran utama di sekolah sekolah

Wam Zulham 27 August 2018 | 21:18:04

nyut2 Niatan itu muncul lantaran banyaknya orang Indonesia yang berada di negara tersebut.

pisang raja 23 July 2018 | 11:51:39

wow keren semoga terealisasi bahasa indonesia jadi bahasa kedua

demana hisa 15 July 2018 | 18:12:38

wah semoga benar terjadi ya kalo jadi bahasa kedua

channel tutor 21 June 2018 | 11:56:20

waw keren artikel nya saya sangat suka dan hebat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top